tips umum untuk website dengan tipe portal berita

1. Definisikan Target Audience dengan Jelas
Semua produk yg tujuannya untuk dilempar ke publik, harus dimulai dari penguasaan produk sendiri baru kemudian mendefinisikan target marketnya. Hal ini berlaku untuk produk fisik maupun digital. Termasuk untuk website.
Kenapa? Karena sangat erat kaitannya dengan strategi publikasi website itu untuk kedepannya. Seperti strategi untuk pemilihan diksi, gaya bahasa, penulisan headline jam publish, penulisan judul, waktu sharing ke media sosial, desain rich media, dll.
Sebagai website baru yg berada di tengah kepungan raksasa pesaing lainnya yg punya dana besar, Anda harus bermain cerdas.

2. Optimasi Judul
Kunci portal berita ada diviralitasnya. Pergeseran behaviour user yg lebih sering menggunakan media sosial untuk mencari sekaligus menyebarkan berita, harus dimanfaatkan.
Setidaknya ada 4 kriteria umum yg cocok diaplikasi untuk pembuatan judul portal berita : (a) Kalimatnya persuasif & atraktif, (b) Memancing rasa penasaran & emosi, (c) Menggambarkan isi berita secara utuh, (d) Mengandung long tail keyword
Sementara untuk hal teknis terkait susunan kalimat untuk judul seperti penggunaan kata negatif/kata positif, susunan kata sifat, kata benda, dan kata kerja, penempatan keyword, dan semisalnya silakan split testing dan eksekusi berdasarkan data.

3. Pola Konten
Poin pentingnya ada di sebaran keyword, fokus berita, sama titik emosi. Jangan lupa juga sama pola segitiga terbalik.

4. On-Page SEO
Selain kontennya sendiri, hal penting lainnya yg perlu diperhatikan secara berurutan adalah permalink, kategorisasi menu, internal link, related post sama manajemen tag. Jangan lupa sama sitemap.

5. Kurangi typo
Ndak ada hubungan sama mesin, tapi penting buat visitor. Kredibilitas itu “nyawa” dari portal berita. Trust dibangun lewat pengelolaan portal serta kemasan berita yg menarik dan profesional. Dan itu bisa melihat dari apa yg mereka baca.

6. Data dan Analytics
Hal yg penting tapi sering disepelekan. Biasakan untuk memasang analytics untuk mengumpulkan data website Anda. Optimasi bisa dilakukan salah satunya dengan memanfaatkan historis data riil performance website itu sendiri.
Sebagai profesional, saya bukan paranormal yg bisa menebak hanya berdasarkan asumsi semata. Makanya, kurang suka diajak berkonsultasi tanpa ada data yg detil. Termasuk juga didalamnya diundang untuk mengedukasi audience lewat sebuah acara yg berkonsep seminar umum.

7. Positif dan Berdiri di Tengah
Ini sebenarnya permintaan khusus dari saya. Sangat jenuh dan muak melihat kondisi media online di Indonesia beberapa tahun belakang. Tidak lagi mengabarkan, tapi lebih sering mengaburkan. Opini dikemas jadi berita, sementara berita dijadikan opini. Bukan mengedukasi, tapi lebih sering memprovokasi. Tidak untuk mencerdaskan warga, namun lebih suka membuat gaduh suasana.
Saya sangat menantikan lahirnya portal berita yg benar-benar menjadi penyaji fakta. Punya karakter dan tetap menjaga idealismenya sebagai pencerdas bangsa. Serta tak lupa menyalurkan energi positif untuk kebaikan bersama.