Home » adsense » Studi Kasus Monetize Youtube Channel

Studi Kasus Monetize Youtube Channel

Sep
12
2017
by : mdianapriyanto . Posted in : adsense, Youtube Video Marketing

 

bedah channel beserta tips triknya kepada teman2

Nama Channel : ***************
Target Channel : Anak-anak dan Remaja Indonesia
Tanggal buat : 12 Juli 2017
Jumlah subs sekarang : 4 ribu lebih

Langsung saja, channel ini saya buat kurang lebih 2 bulan lalu, tepat nya 12 juli 2017. Mungkin teman2 sudah paham pada trik ini, tapi mungkin ada juga yang tidak tau, maka dari itu saya sharing disini untuk yang tidak tahu dan semoga bisa lebih baik dari saya.

Sebanarnya tidak ada trik khusus pada channel kali ini. Intinya ada di optimasi dan niche channel itu sendiri. Pintar-pintar kita melihat peluang dan berfikir kreatif.

LALU BAGAIMANA RAHASIANYA?
Rahasianya yaitu kita membuat channel fans/komunitas/penggemar dari suatu artis/public figure/orang terkenal yang lagi naik daun (trending). Tentu teman2 tau dong apa yang saya maksud?, nah misalnya sekarang lagi heboh Raisa dan Hamish daud menikah, nah kesempatan ini jangan dibiarkan begitu saja, kita bisa maksimalkan untuk membuat suatu channel khusus yang membahas tentang Raisa dan Hamish daud, atau kata lain Channel penggemar/fans Raisa dan hamis daud.

APA TUJUANNYA?
Tentu tujuan utama yaitu untuk narik views (monetise) dan juga untuk mendapatkan banyak subsrcibers. Dengan cara ini, Menurut saya channel yang lebih spesifik seperti ini dan ada kata2 “fans” ini akan menarik banyak peminat untuk subscribe dichannel kita.

SUDAH DITERAPKAN DAN TERBUKTI?
Tentu ini sudah saya buktikan, Contoh channel saya ini berhubungan dengan Bomming nya anak kecil yang joget despacito pada bulan2 kemaren,  Dia juga seorang youtubers. Nah saya mengambil kesempatan ini untuk membuat channel penggemar atau fans untuk menarik views dan subs yang saya tujukan untuk orang indonesia, terbukti dalam waktu 2 bulan saja saya bisa dapatkan 4ribu subs, padahal video2 reupload semua.

RAHASIANYA APA?
Rahasia pertama ada dibagian optimasi, Tentu semua ini tidak bisa lepas dari

optimasi yang optimal, baik dari onpage dan offpage.

*saya optimasi videonya, baik itu dari judul, tags, des, sampai dengan thumbnail. Silahkan diteliti ya hehe.

Hal yang perlu diperhatikan, Jika suatu niche itu lagi booming, kesempatan video2 kita bakalan naik juga lebih tinggi. Apalagi channel2 seperti ini sangat sedikit persaingan, beda dengan video2 terbaru, hot, news, dll yang sangat banyak saingan. Channel fans ini saingan sedikit dan cenderung lebih cepat naik.

Jika ingin hasil yang optimal, maka bangunlah channel yang optimal pula. Baik dari dasar channelnya dan video. Silahkan teman2 bisa ikuti cara yang saya terapkan dalam channel ini. Seperti optimasi channel (foto profil, sampul, medsos, desk,target keywords,dll). Semua saya buat sangat professional bukan hanya sekedar buat-buat saja.

dari mulai menentukan ide, riset kw, optimasi channel, optimasi video, dll

APALAGI RAHASIANYA?
Rahasia kedua adalah ketepatan dalam penentuan niche target siapa yang akan kita jadikan channel fans. Karena gak semua public figure punya penggemar yang fanatic.

Usahakan cari yang banyak penggemarnya, lebih baik lagi yang ada channel yt officialnya. Bagaimana risetnya? risetnya gampang, cek aja IG atau Medsos public figure yang akan dijadikan channel fans. Lebih banyak penggemar semakin besar kesempatan buat kita.

Nah kabar baiknya, niche seperti ini bisa jadi ribuan ide yang mantap. Bayangkan saja didunia ini ada berapa banyak public figure? Di Indonesia saja ada ratusan public figure yang bisa kita jadikan semacam ini, contohnya saja ayu ting-ting, raisa, dan masih banyak lagi.

APA MANFAATNYA?
-Channel lebih cepat naik
-Interaksi penonton lebih baik (subscribe)
-Sumber video banyak, Cari video gak susah, kadang sudah ada dichannel official tinggal kita olah saja. Pintar-pintar kita cari kontennya, bisa dari IG, story IG dll. (Story di IG bisa didownload dengan android)
-Banyak ide yang bisa dijadikan video, bisa kejadian sehari2, potongan2 dari VLOG, foto2, berita2, dll. Banyak banget idenya
-Gak terlau takut pada hak cipta. Coba saja lihat channel saya ini, ketika saya reupload videonya Tim2One banyak yang mencaci saya karena reupload, tapi yang bela saya juga banyak (dengan asumsi saya sebagai fans) hehe, dan ini masih bisa ditolerir. Lain halnya jika kita reupload mentah2, pasti akan tumbang channel kita, bisa kena flag atau dll.
-Bisa alih fungsi channel. Jika subs udah banyak, tentu kita gak usah pusing cari views, video2 kita akan lebih cepat naik, cocok untuk monetisasi adsense. Tapi jika gak ingin selamanya Makai niche ini, kita bisa ganti channel tersebut, missal saja kita mau ganti jadi channel video2 lucu, dll. Bisa juga kita jual channelnya. Sekedar info saja channel yang ada ribuan subs dijual dengan harga mahal.

Saya tidak sarankan menggunakan channel dengan nama asli dari public figure itu sendiri, karena beresiko bisa kena masalah hak cipta yang serius, apalagi jika public figurenya tidak punya channel official. Saya sarankan make tambahan fans dll. Kalo untuk foto tidak masalah

source : group rahasia Raja Youtube

Arsip

KonsultanOnline.com
Jalan pemuda 3 No.5 Rawamangun Jakarta Timur
Phone 081310799994
Copyright © 2012