Home » Internet Marketing » Facebook Marketing » Studi Kasus FB Marketing menggunakan Iklan di FB

Studi Kasus FB Marketing menggunakan Iklan di FB

Agu
06
2014
by : mdianapriyanto . Posted in : Facebook Marketing, Internet Marketing

Pada kesempatan  ini saya sangat tertarik sekali untuk membocorkan sebuah pembelajaran / contoh kasus nyata yang telah saya praktekkan dan buktikan sendiri kehebatan dari “senjata” ini beserta dengan profit real yang saya dapatkan langsung ke dalam rekening BCA pribadi saya.

Apabila anda sudah mengenal BIM (BisnisInternetMarketing.com) dan membaca postingan – postingan saya, anda akan mengetahui bahwa saya selalu coba membiasakan diri untuk membagikan pengalaman / kisah – kisah yang telah teruji dengan waktu, tenaga dan angka… dan BUKAN sekedar tips – tutorial – informasi – update news  dan lain sebagainya dimana tingkat keberhasilannya belum teruji dengan waktu.

Memang saya akui untuk mendapatkan hasil seperti ini dibutuhkan waktu, tenaga dan pikiran yang tidak sedikit, oleh karena itu saya dengan sengaja memberikannya secara GRATIS kepada anda untuk membuat anda lebih yakin dan percaya dengan Internet Marketing. Sebenarnya studi kasus seperti ini sangat tidak wajar dibocorkan secara gratis dan layak untuk menjadi sebuah konten premium (berbayar) akan tetapi kali ini saya ingin mencoba sesuatu yang diluar jalur hanya untuk kepuasan pribadi saja, hehehe…

OK, lets begin… shall we!

Notes: facebook ads yang saya tuliskan disini artinya adalah iklan yang kita pasang di facebook yah

Tentu banyak dari anda sudah kenal dan bahkan tahu kehebatan facebook ads yang sering dihebohkan oleh banyak orang terutama oleh para internet marketer, tetapi apakah anda benar – benar sudah yakin dalam hati bahwa facebook ads itu benar – benar powerfull dan menghasilkan ??? Jujur saja selama ini saya masih cukup RAGU dengan kehebatan  facebook ads sampai saya benar – benar membuktikannya sendiri. Jadi…. saya coba lakukan sendiri, yaitu dengan mengiklankan salah satu produk yang saya pasarkan di facebook.

Oiya… sekedar informasi untuk anda yang belum tahu, bahwa pada April 2013 saya bersama teman super saya membuka sebuah toko online baru dan hasilnya really amazing for both of us sampai pada bulan ini Oktober 2013 (silahkan baca postingan berseri dengan judul “Ini Bukti & Hasilnya Ketika Anda Belajar Dari Seorang Super Mentor!“)

Mari kita lanjutkan ceritanya… jadi dalam pembahasan kali ini, saya memasarkan sebuah suplemen pelangsing untuk menurunkan berat badan seseorang, dimana suplemen ini adalah produk resmi dari sebuah perusahaan berbasis MLM. Sebelum kita memasang iklan di facebook, kita benar – benar harus mengerti tentang konsep dasar dari keberhasilan mempromosikan sebuah iklan di facebook. Berbicara mengenai konsep dasar facebook ads, banyak sekali yang perlu diuraikan lebih jauh dan sejujurnya mungkin anda memerlukan sebuah training khusus dan intensif untuk mendapatkan materi ini, akan tetapi terlepas dari semua itu saya akan tetap memberikan sebuah ilustrasi nyata dari hasil pembelajaran saya dengan mengeluarkan uang yang benar – benar nyata untuk jalankan facebook ads ini dengan resiko hilang budget marketing diawalnya!

Memperkenalkan Kepada Anda Facebook Power Editor, Kegilaannya & Bagaimana Saya Memanfaatkanya Untuk Mendapatkan Profit Bersih 10 Juta Dalam Sebulan! (Studi Kasus Asli)

Selama ini ketika kita ingin memasang iklan di facebook, kita terbiasa menggunakan “self serve ad tools” yang dapat kita akses di: https://www.facebook.com/advertising sampai di tahun 2013 ini, facebook memperkenalkan sebuah tools baru yang jauh lebih powerfull kepada anda dan saya untuk dapat membuat iklan di facebook  (facebook ads) dengan jauh lebih canggih, dan tools ini dinamakan Facebook Power Editor!

facebook_power_editor

Banyak sekali keistimewaan dari facebook power editor ini, tapi saya tidak akan panjang lebar menjelaskannya di postingan ini…. Salah dua fitur canggih yang terdapat di tools ini adalah kemampuan kita untuk membuat sebuah facebook ads yang dapat muncul di newsfeed para pengguna facebook yang kita targetkan, dan kemampuan kita untuk beriklan di pengguna mobile / smartphone, tidak hanya ke pengguna desktop saja

Apa dan mengapa newsfeed begitu menjanjikan? Newsfeed adalah halaman pertama yang tampak ketika anda login kedalam facebook anda, dimana anda dapat melihat berita – berita terbaru apa saja yang ada seputar teman – teman dan juga halaman – halaman facebook yang anda sering like, share dan comment.

Nah… dengan menempatkan iklan anda di halaman newsfeed akan membuat orang tidak menyadari bahwa berita tersebut sebenarnya adalah iklan, dan kemungkinan besar mereka akan membukanya ketika melihat sebuah berita yang menarik bagi mereka… sedangkan bila anda memasang iklan di sisi kanan halaman facebook, para pengguna facebook tentu sudah mengetahui dengan jelas sekali bahwa gambar dan text yang terdapat di sisi kanan itu adalah iklan dan tentu mereka tidak terlalu ingin memperhatikan iklan tersebut karena pada dasarnya kita semua menggunakan facebook untuk berbagi cerita dan mendapat update terbaru, bukan untuk disuguhi iklan oleh facebook. Cukup jelas dan masuk di logika kita semua yah…!

newsfeed facebook

Baiklah sekarang saya akan jabarkan lebih terperinci tentang jenis iklan facebook yang saya jalankan menggunakan power editor… jadi awal bulan september 2013, saya menemukan sebuah produk penurun berat badan melalui riset produk yang saya lakukan secara rutin. Produk ini saya coba iklankan di google adwords dengan menargetkan kata kunci yang cukup spesifik akan tetapi hasilnya tidak begitu memuaskan dibandingkan biaya yang kami keluarkan.

Yang agak mengganggu saya adalah saya melihat banyak sekali testimonial terhadap produk ini terutama di foto – foto yang tertera di facebook page, dan setelah saya baca – baca sebenarnya produk ini adalah produk bagus yang terbilang laris di pasaran! kemudian saya tidak mau cepat menyerah dan berpikir untuk memasarkannya melalui facebook. Setelah saya pelajari tentang facebook power editor dan menemukan bahwa salah fitur terbarunya adalah lokasi penempatan iklan di newsfeed, saya langsung bergairah memasang facebook ads tanpa berpikir lama lagi.

Keterangan Iklan:

Type: Unpublished Page Post Ads

adalah sebuah iklan facebook yang anda buat berupa sebuah postingan / update status. Yang membuat tipe iklan ini menjadi istimewa adalah iklan “unpublished” tidak akan tampak di page anda. Biasanya ketika anda membuat iklan berupa postingan di facebook page, postingan itu akan terlihat di halamn depan page anda tapi… untuk fitur “unpublished” ini anda dapat membuat sebuah iklan dimana postingannya tidak akan muncul di page anda, dengan begitu anda dapat beriklan tanpa orang lain / kompetitor anda mengetahui apa yang sedang anda iklankan karena mereka tidak bisa melihat postingan – postingan anda di page anda, dan keuntungan kedua adalah anda dapat melakukan split testing dengan membuat sebanyak mungkin postingan yang berbeda – beda baik itu dari segi gambar, text ataupun targetingnya dan anda dapat menjalankannya semua sekaligus di saat yang bersamaan.

facebook unpublished post page

Kalau anda tidak menggunakan fitur “unpublished” ini, maka tiap postingan yang anda iklankan akan tampil / muncul di page anda, misalkan: anda akan membuat 10 postingan yang berbeda untuk mengiklankan 10 postingan ini, maka anda harus posting / update 10 jenis status di page anda dan pasti terlihat oleh kompetitor anda dan akhirnya mereka dapat mengikuti jejak anda. Hal ini sangat tidak saya sarankan.

Tools: Facebook Power Editor

Ads Placement:

1. Newsfeed Desktop:

iklan anda tampil di newsfeed para pengguna facebook di desktop / komputer / pc

newsfeed desktop

2. Newsfeed Mobile:

iklan anda tampil di newsfeed para pengguna facebook di smartphone (blackberry / android / IOS)

newsfeed mobile

3. Right Hand Side (Desktop) Only:

iklan anda tampil di sisi sebelah kanan halaman facebook ketika orang membuka facebook melalui komputer / desktop / pc
Right hand column (desktop)

Time Period: 4 September – 30 September 2013 (iklan ini masih terus berjalan sampai sekarang karena hasilnya memuaskan, tapi saya hanya akan hitung sampai 30 September saja)

Daily Budget: $ 10 perhari (terkadang saya kurangi budgetnya sewaktu, biasanya pada hari sabtu / minggu)

Targeting: Wanita, usia 25 tahun keatas, dengan minat / ketertarikan (Precise Interest) seputar kesehatan dan kecantikan

Payment Method: CPC (Cost Per Click)

Keterangan Produk:

Tipe Produk: suplemen penurun berat badan

Harga Eceran: Rp. 180.000 – Rp. 200.000,-

Profit Per Produk: Rp. 65.000,-

Ukuran Gambar: 640 x 480 pixel

Penjelasan Tentang Iklan:

Saya membuat 1 campaign yang terdiri dari 3 ads, dimana semua ads memiliki targeting yang sama kecuali lokasi penempatan iklannya (placement) yaitu di newsfeed desktop, newsfeed mobil &  right hand column. Saya membuat 3 macam iklan ini untuk mengetahui tingkat efektivitas dari lokasi penempatan iklan. Tujuannya agar saya tahu iklan yang ditempatkan dibagian mana yang paling efektif… dan agar hasilnya tidak blurred / rancu, maka setingan lainnya harus sama persis, contohnya seperti setingan usia, precise interest, body text, gambar dll…

Hasil Yang Didapatkan Dari Iklan:

unpublished post 2

Total Spent: $ 233,36 x Rp. 11.500 = Rp. 2.683.640,- (biaya yang dikeluarkan untuk beriklan)

CTR (click through rate): 5.943% (artinya dari 100 orang yang melihat iklan saya, sekitar 5% atau 5 orang yang mengklik iklan saya)

Tips untuk CTR: Usahakan mendapat CTR > 5% selama iklan berjalan untuk menekan biaya, maksimalkan profit dan mendapat kemungkinan iklan untuk terpasang lebih sering oleh facebook. Apabila CTR sudah dibawah 2% sebaiknya anda memperbaiki format iklannya karena kemungkinan besar iklan anda kurang menarik sehingga tidak banyak orang yang mengkliknya

Campaign Reach: 126.287 people

Frequency: 2.0 (rata – rata orang telah melihat iklan saya sebanyak 2x di facebook)

Produk Terjual: 208 buah (terekam dari laporan penjualan harian yang saya buat di excel secara manual. 100% asli tanpa rekayasa)

Total Omset: 208 x Rp. 190.000 =  Rp. 39.520.000,-

laporan pejualan september 2013 (resize)

(Laporan Penjualan Produk Penurun Berat Badan Saja – September 2013) 

Kesimpulan:

1. Profit yang didapatkan adalah:

= 208 pcs x Rp. 65.000 (profit per 1 produk)

= 13.520.000,-

Profit yang tertera adalah profit bersih yang kami dapatkan, akan tetapi tidak semua orang membeli 1 buah dengan harga eceran karena ada 1 orang yang mungkin membeli beberapa buah sekaligus, oleh karena itu kita kurangkan profitnya sebanyak 20% untuk mendapatkan hasil yang mendekati real, menjadi:

= 13.520.000 – (20% x 13.520.000)

= 13.520.000 – 2.704.000

= Rp. 10.816.000,-

Jadi kesimpulan akhirnya, profit bersih yang kami dapatkan adalah sebesar Rp. 10.816.000,- dari hasil beriklan di facebook menggunakan facebook power editor. Sekedar catatan kepada teman – teman bahwa sampai saat ini iklan facebook ini masih terus saya jalankan karena potensinya masih besar dan bahkan semakin saya besarkan bertahap budget perharinya sambil terus diamati. Rencananya ketika CTR iklan sudah mulai turun, saya akan buatkan lagi iklan tentang produk yang sama tetapi menggunakan gambar dan targeting yang berbeda – beda. Saya sangat sarankan untuk selalu melakukan split test setiap ads untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Hasil studi kasus diatas menunjukkan bahwa dari ketiga lokasi penempatan iklan facebook, ternyata  iklan yang ditempatkan pada newsfeednya target / audiance mendapat CTR (click through rate) yang paling tinggi, artinya orang – orang di facebook memang lebih suka melihat dan mengklik berita yang ada di halaman newsfeed mereka dibandingkan mengklik iklan yang ada dipasang di sisi kanan halaman facebook dan kemungkinan besar karena mereka tidak / belum mengetahui bahwa iklan yang anda pasang di newsfeed itu memang adalah sebuah iklan.

Kemudian diantara newsfeed desktop dan newsfeed mobile, ternyata iklan yang memiliki CTR tertinggi adalah iklan yang ditempatkan di newsfeed mobile dibandingkan desktop walaupun perbedaannya tidak signifikan besarnya. Hal ini dapat menjadi salah pertanda bahwa mobile user / para pengguna internet mobile via smartphone semakin meningkat. Facebook telah mengetahui potensi ini sejak lama sehingga mereka sangat serius meengembangkan layanan facebook khusus untuk pengguna mobile internet, salah satu buktinya adalah dengan membuat fitur targeting untuk para pengguna smartphone berplatform android,  IOS seperti ipad dan iphone di dalam power editor. Quite amazing yah perkembangan facebook ads terbaru dengan fitur power editornya, hehehe….

Berdasarkan hasil praktek diatas, saya ingin merangkum 2 hal penting yang mampu memberikan keuntungan maksimal dengan beriklan di facebook, yaitu:

1. Format iklan + Strategi Beriklan

Untuk sukses beriklan di facebook, anda harus menguasai cara bagaimana bisa membuat gambar dan text yang sangat menarik bagi orang yang anda targetkan, sehingga ketika mereka melihat iklan anda maka mereka tertarik untuk klik dan membaca lebih jauh lagi tentang iklan anda.

Yang kedua adalah anda harus mahir melakukan targeting iklan anda ke target / audiance yang tepat sesuai dengan kriteria produk anda. Contoh idealnya kalau anda memasarkan produk penurun berat badan, maka target audiance anda adalah wanita yang berbadan gemuk, suka main di facebook, doyan makan, agak minder karena kegemukannya, usia yang biasanya lebih muda (sekitar 20 – 30 tahun), ada kemungkinan mau menikah sebentar lagi, kantongnya tebal dan tipikal orangnya suka berbelanja.

Nah… lalu bagaimana bisa menargetkan orang yang ideal seperti itu ??? tidak bisa semuanya ditargetkan, tapi dengan facebook power editor, anda mampu menargetkan sebagian besar kriteria tersebut loh. Jadi penting sekali buat anda untuk kuasai facebook power editor dan juga psikologi marketing.

2. Pemilihan Produk Yang Tepat

Anda harus cermat dalam memilih produk yang tepat untuk dipasarkan. Jangan asal memilih produk karena anda hanya akan membuang waktu lebih banyak untuk berusaha mati – matian menjualnya tanpa menghasilkan profit yang layak. Oleh karena itu saya berikan sedikit tips berharga dalam memilih sebuah produk.

Dalam memilih sebuah produk, sebaiknya carilah produk yang:

1. Trendnya sedang meningkat di dunia offline, terutama online

2. Banyak dicari orang, bukan produk yang ingin anda jual semata

3. Margin profitnya cukup besar, minimal 50% dari nilai produknya / Rp. 50.000 untuk produk senilai Rp. 200.000,- an

4. Sudah terbukti berhasil dan diakui oleh orang banyak

5. Life cycle”nya adalah lifetime, artinya produk tersebut selalu memiliki pasar yang tetap dan stabil, TIDAK musiman

6. Bersifat konsumtif, sering dipakai / digunakan orang dan habis dalam periode tertentu. Contoh idealnya adalah makanan, karena orang harus selalu makan 3x sehari

7. Berupa keinginan dan kebutuhan, dimana persentase keinginan (emosi) lebih besar daripada kebutuhan

Anda pasti sudah bisa bayangkan betapa jauh lebih mudah menjual produk yang memenuhi kriteria diatas. Misalkan saja anda tahu sebuah produk yang terbukti bagus untuk anda, tapi produk ini baru saja launching dan belum banyak dikenal di masyarakat, lalu apakah anda akan menjualnya? kalau saya jadi anda, kemungkinan besar saya tidak akan menjualnya saat  -saat sekarang ini karena tidak memenuhi kriteria 1 dan 2. Bukan berarti produk nya tidak bagus, tapi produk yang bagus saja tidaklah cukup jaman sekarang. Anda perlu lebih dari sekedar produk bagus untuk mendapatkan profit maksimal. Anda perlu menggunakan semua daya ungkit yang anda miliki dan juga daya ungkit yang dimiliki produk tersebut. Perlu anda ketahui bahwa produk yang saya jadikan contoh studi kasus diatas adalah produk yang telah memenuhi 7 kriteria diatas, jadi… cukup wajar kalau pencapaiannya terbilang bagus.

Sebelum menutup postingan ini, saya ingin sampaikan kepada anda bahwa banyak sekali orang / pemula / guru internet marketing diluar sana yang mampu mengatakan betapa hebat / powerfullnya facebook ads, akan tetapi anda perlu lebih cerdas dan mampu membedakan siapa yang sanggup menunjukkan hasil studi kasus yang terbukti berhasil dan juga siapa yang hanya dapat berkata – kata tanpa menunjukkan bukti seperti diatas. Perlu saya akui bahwa untuk mendapatkan hasil seperti diatas bukan hasil perjuangan semalam, tapi… It Can Be Done Anyway! hehehe…

Semoga studi kasus ini dapat menginspirasi anda untuk bangkit lebih dahsyat lagi dan akhir kata… Sukses selalu untuk anda yah! Jangan lupa untuk daftarkan email anda untuk terima update terbaru dan berikan komentar juga ya dibawah (mungkin buat temen – temen yang masih tidak percaya dengan hasil diatas boleh kritik di kolom komentar dibawah ini, hehehe…)

I-Can-Picture-Quote

sumber : BisnisInternetMarketing.com

Arsip

KonsultanOnline.com
Jalan pemuda 3 No.5 Rawamangun Jakarta Timur
Phone 081310799994
Copyright © 2012