Home » Internet Marketing » Facebook Marketing » Panduan Memanfaatkan Facebook Pixel guna Memaksimalkan Iklan Facebook Ads

Panduan Memanfaatkan Facebook Pixel guna Memaksimalkan Iklan Facebook Ads

Des
11
2016
by : mdianapriyanto . Posted in : Facebook Marketing
Facebook pixel adalah script code yang berguna untuk melacak aktivitas pengunjung pada suatu website. Dari pelacakan tersebut nantinya akan tercipta data yang bisa dimanfaatkan untuk beriklan.
Anda pernah berkunjung ke sebuah website kemudian muncul iklan dari website tersebut di newsfeed (beranda) facebook Anda? Berarti aktivitas kunjungan Anda sudah terekam oleh pixel yang tertanam di website tersebut.
Itulah yang disebut retargeting, menarget ulang pengunjung yang sudah baca penawaran Anda / pernah berkunjung ke website Anda. Sebagian besar iklan yang dijalankan toko online besar seperti Lazada, Blibli, Bukalapak dan Tokopedia adalah iklan retargeting.
Ilustrasinya, Andi pergi ke tokopedia dan mencari Powerbank. Saat Andi membuka Facebook maka Andi akan melihat iklan powerbank dari Tokopedia. Anda pernah mengalaminya? Mereka menarget ulang pengunjung website mereka yang mencari barang tertentu untuk disodori iklan barang tersebut. Tentu saja iklan tersebut lebih efektif karena traffic yang ditarget adalah warm traffic, dan gilanya lagi mereka tau kalau Andi sedang butuh powerbank.
Buat yang belum tau, ada 3 jenis traffic :
Cold Traffic, orang yang belum tau sama sekali tentang Anda / produk Anda
Warm Traffic, orang yang sudah tau tentang Anda / produk Anda
Hot Traffic, orang yang pernah membeli dari Anda
Warm traffic tentu saja memberikan konversi lebih tinggi dari cold traffic karena orang-orang di fase warm traffic sudah tau tentang Anda / produk Anda (dalam hal ini pernah mengunjungi web Anda) Dan hot traffic akan memberikan konversi yang lebih baik lagi, karena orang-orang di fase ini sudah pernah beli dari Anda. Artinya mereka sudah memiliki trust pada Anda (asal pelayanan dan produk Anda memuaskan) Dengan Facebook pixel kita bisa mengoptimalkan warm traffic dan hot traffic.
Tujuan penggunaan Facebook pixel adalah :
• Melakukan retargeting
• Membuat audience tertentu berdasar aktivitasnya pada web Anda
• Melacak konversi pada website Anda
• Optimasi konversi tertentu
Base pixel adalah pixel utama / pixel dasar yang harus dipasang pertama kali dan berguna untuk melacak kunjungan pada website. Base pixel dipasang di header utama website Anda.
1 akun iklan hanya punya 1 base pixel.Base pixel bisa digunakan di banyak website berbeda, tapi saran Saya jangan gunakan pada web yang beda niche / topik, supaya lebih termanajemen dengan baik.
Misalnya, kalau Anda punya web tentang IM dan diabet, jangan gunakan base pixel yang sama (buat 2 akun iklan / facebook untuk dapat 2 base pixel).
Ini hanya saran dari Saya, tidak mutlak. Sebelum Anda belajar memasang Facebook pixel,siapkan dulu 2 hal ini:
1. Install plugin “Insert Headers and Footers” by WPBeginner
2. Gunakan google chrome dan install extension “Facebook Pixel Helper” Silahkan download di : https://chrome.google.com/webstore/…
Cara memasang base pixel : 1. Buka http://facebook.com/ads/manager lalu klik gambar 3 garis di pojok kiri atas dan pilih piksel
2. Klik box “tindakan” lalu pilih lihat kode piksel
3. Copy kode piksel yang muncul
4. Buka dashboard admin website Anda dan pilih plugin insert headers and footers yang telah Anda install
5. Salin (paste) kode piksel Anda di Scripts in Header dan klik Save
6. Untuk memastikan piksel Anda telah terpasang dengan benar buka website Anda dan lihat extension Facebook pixel Helper yang telah Anda pasang

Cara membuat custom audience dengan Facebook Pixel

1. Klik pemirsa
2. Pilih pemirsa khusus
3. Pilih lalu lintas situs web
4. Pilih kriteria audience Anda
Siapa saja yang mengunjungi situs web Anda :
Semua orang yang mengunjungi website Anda, misal web Anda Tokopedia.com. Maka siapa pun yang pernah berkunjung ke tokopedia.com akan tercatat pada custom audience Anda
Orang yang mengunjungi halaman web khusus :
Hanya orang yang mengunjungi halaman tertentu saja, misal hanya yang mengunjungi tokopedia.com/sepatu . Contoh kegunaannya Anda bisa tau apa yang mereka cari, misal sepatu.
Orang-orang yang mengunjungi halaman web khusus tapi bukan lainnya: Misalnya orang yang sudah mengunjungi tokopedia.com/sepatu tapi tidak mengunjungi tokopedia.com/thank-you.
Contoh kegunaannya Anda bisa beriklan pada mereka yang mencari sepatu di website Anda tapi belum melakukan pembelian.
Orang yang belum mengunjungi dalam jangka waktu tertentu: Anda bisa menarget ulang orang-orang yang sudah lama tidak berkunjung ke web Anda.
Kombinasi pemirsa khusus : Anda bisa menentukan sendiri peraturan untuk kriteria custom audience Anda
5. Isikan url web Anda, isikan jangka waktu kunjungan, isi nama audience dan klik buat pemirsa
6. Maka akan muncul box seperti ini

Cara membangun kolam audience dengan FB Pixel

Kolam audience artinya sekumpulan pengunjung website Anda yang aktivitas kunjungannya telah terlacak oleh pixel yang telah Anda pasang. Untuk membangun kolam audience Anda hanya perlu mendatangkan traffic ke website Anda seperti biasa.
Gunakan cara-cara yang biasanya Anda gunakan untuk mendatangkan traffic, seperti : blog walking, share link di sosial media, SEO, FB Ads (CTW atau PPE) Tipsnya, share informasi yang bermanfaat (bukan jualan) sehingga kemungkinan akan tercipta viral (konten Anda dishare ulang oleh pembaca ke teman-temannya) Sebenarnya ada cara tertentu untuk membuat konten viral.
Ya, konten viral bukanlah suatu kebetulan tapi memang ada polanya.Tapi tidak akan Saya bahas disini karena akan panjang. Anda bisa baca buku “Contagious: Why Things Catch On,” bukunya ada di Gramedia.
Atau kalau mau lebih cepat Anda bisa copas atau ctm (cari, tiru, modifikasi) konten yang sudah terbukti viral untuk dipost ulang di website Anda. Untuk mencarinya Anda bisa gunakan tools :
• TheGraph.co (premium)
Penting : Pastikan konten Anda tidak sekedar viral, tapi pastikan juga konten tersebut relevan dengan topik / niche produk yang akan Anda jual nantinya. Misal kalau Anda jual obat diabet, Anda bisa cari dan tiru konten viral tentang tips mencegah diabet.

Melakukan pelacakan konversi dengan Facebook Pixel

Untuk melacak konversi dengan Facebook Pixel Anda perlu memasukkan pixel code yang telah ditambahkan standard event code pada page (Halaman) yang akan dituju visitor Anda setelah terjadi konversi.
Rumit?
Ini memang materi yang agak advance, jadi pahami pelan-pelan. Saat ini Facebook memiliki 9 standard event code yang bisa digunakan.
Anda perlu menyisipkan salah satu dari ke-9 standard event code tersebut pada base pixel Anda
Misalnya, Anda ingin melacak jumlah visitor yang melakukan add to cart.
Jadi tugas Anda hanya menentukan konversi apa yang ingin Anda lacak, dan sisipkan standard event yang sesuai pada base pixel Anda. Selanjutnya letakkan base pixel yang telah dimodifikasi tersebut pada halaman / page yang sesuai.
Misalnya, jika Anda ingin melacak konversi pembelian maka pasang code pixel tersebut pada Thank You Page (Halaman Terima Kasih).
Kenapa? Karena orang yang mengunjungi Thank You Page adalah mereka yang telah selesai melakukan pembelian (sudah membayar).
Caranya : 1. Anda bisa menggunakan plugin Facebook Conversion Pixel by Kellen Mace
2. Setelah Anda menginstall plugin tersebut nantinya disetiap page yang Anda buat akan muncul script box seperti di bawah ini. Buka page yang sesuai dan salin (paste) kode base piksel yang telah dimodifikasi
3. Untuk memastikan piksel Anda telah terpasang dengan benar, buka halaman (page) web yang Anda pasangi base piksel hasil modifikasi tersebut.
4. Dan untuk melihat data hasil konversi Anda bisa menyesuaikan kolom laporan iklan Anda.
Penting : Yang dimodifikasi bukanlah base pixel yang telah Anda letakkan di template web Anda, tapi Anda harus memasang pixel baru pada halaman yang mengindikasikan terjadinya konversi.
Anda bisa lihat pada tabel kode standard event di atas, pada kode event ‘Make Purchase’ terdapat kode yang bertuliskan {value: ‘0.00’, currency: ‘USD’}
Anda bisa mengubahnya sesuai harga produk Anda, misalnya harga produk Anda adalah Rp. 120.000, maka Anda bisa menggantinya menjadi {value: ‘120.000’, currency: ‘IDR’} Fungsinya? Untuk melakukan pelacakan nilai konversi.
Jadi nanti pada pelaporan Facebook Anda bisa membandingkan secara langsung antara budget iklan yang telah Anda keluarkan dengan total pemasukan Anda dari iklan tersebut. Tapi, ini bersifat optional, jadi jika Anda bingung, Anda bisa membiarkannya tetap bertuliskan{value: ‘0.00’, currency: ‘USD’}
Fitur lainnya untuk melacak konversi adalah Custom Conversion (konversi khusus) Custom Conversion memungkinkan Anda untuk melacak dan mengoptimasi konversi tanpa perlu memodifikasi base pixel Anda.
Anda bisa menggunakan custom conversion saat Anda tidak memiliki akses untuk mengedit code web / page Anda (biasanya terjadi jika Anda menggunakan layanan pihak ke-3 / layanan landing page builder)
Atau jika Anda ingin melacak aktivitas / konversi yang berbeda dari 9 standard events yang telah disediakan Facebook.
Yang perlu Anda ingat bahwa Anda hanya punya 20 custom conversion yang tidak bisa diedit atau dihapus. Dan Anda tidak bisa melacak nilai konversi dengan menggunakan custom conversion.
Jadi jika bisnis Anda memiliki banyak produk yang berbeda (toko online), Anda harus menggunakan standard event karena tentu saja Anda membutuhkan banyak pelacakan konversi yang berbeda.
ditulis oleh Ezar Et
fbtraffic

Arsip

KonsultanOnline.com
Jalan pemuda 3 No.5 Rawamangun Jakarta Timur
Phone 081310799994
Copyright © 2012