Home » wirausaha » Menjual Property Mudah ; CLOSING TANPA LISTING, CLOSING TANPA TAPI

Menjual Property Mudah ; CLOSING TANPA LISTING, CLOSING TANPA TAPI

Sep
07
2016
by : mdianapriyanto . Posted in : wirausaha
Bismillahirrahmanirrahim…
Assalamu’alaikum… Wr. Wb.

Perkenalkan,
Saya Wahyudi Sudiyono, Founder Indobroker
Profil saya bisa dilihat di https://www.facebook.com/YudiIndobroker atau di https://www.twitter.cm/WahyudiSudiyono atau @WahyudiSudiyono
Nomer WhatsApp saya 08111938777

Yang pertama,
Saya ucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT yang masih memberikan kesempatan untuk bisa menikmati semua ciptaanNya, sehingga saya masih bisa sharing di forum ini.

Terima juga saya ucapkan kepada para sobat Indobroker dan teman-teman calon member Indobroker semua yang telah bersedia memenuhi undangan sederhana dari saya!

Seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya, hari ini akan Saya sharing materi “CLOSING TANPA LISTING, CLOSING TANPA TAPI”, kepada teman-teman semua.

Langsung saja yah…
Langkah-langkah untuk menerapkan strategi diatas adalah sebagai berikut :

1. SIAPA MENTOR ANDA?

Sangat sedikit yang bisa sukses tanpa kehadiran seorang mentor. Kalau pun ada, besar kemungkinan ia akan banyak mengalami kesalahan sebelum benar-benar CLOSING.

Tidak terkecuali dalam bisnis broker properti, ketika Anda ingin closing, saya sangat menyarankan kepada Anda untuk mencari seorang mentor yang bisa dijadikan tempat bertanya dan belajar.

Fungsi seorang mentor sebenarnya tidak banyak, dia yang nantinya akan menunjukan kepada Anda jalan mana yang sebaiknya Anda tempuh, termasuk ketika tersesat, Anda bisa diminta balik lagi ke jalan yang tepat.

Di samping itu, Anda tidak perlu mengeluarkan stupid cost (biaya kebodohan) yang percuma, karena stupid cost sudah dikeluarkan oleh sang mentor dan itu berarti Anda hanya perlu melakukan rumus suksesnya, bukan sebaliknya.

Anda tidak perlu melakukan trial and error secara berulang-ulang, karena Mentor Anda sudah mengalami sebelumnya. Berharap dengan adanya Mentor mengurangi resiko kegagalan CLOSING yang selalu tertunda tersebut.

Contohnya, ketika Anda melakukan transaksi atas sebuah properti baik itu rumah, tanah, ruko, gudang, apartemen, bisa jadi Anda sudah memasarkan properti tersebut yang nilanya ratusan juta atau puluhan miliar, bahkan Anda sudah menghabiskan biaya pemasaran jutaan rupaih.

Namun, berselang 3 bulan atau 6 bulan kemudian, barulah Anda ketahui bahwa lahan tersebut sengketa dan terpaksa Anda harus gigit jari hingga berurusan dengan polisi.

Biaya yang Anda keluarkan di awal tadi, semuanya adalah stupid cost (biaya kebodohan) Anda. Karena hal-hal demikian sebenarnya sudah pernah orang lain mengalaminya.

Jadi tidak perlu Anda mengulang kesalahan yang sama. Anda tidak perlu coba-coba dalam urusan memastikan lahan yang bermasalah dengan yang tidak.

So, temukan mentor Anda segera…!!!
Yang menarik minat Anda untuk terus belajar
Yang membuat Anda nyaman untuk selalu belajar
Yang siap membimbing Anda kapanpun dan dimana pun
Yang dengan sabar membimbing Anda sampai CLOSING

2. MENCARI LISTING

Kalau Anda ingin benar-benar mulai bisnis broker properti ini, jangan menunda lagi untuk mencari listing properti. Mulai setelah Anda membaca tulisan ini, buat rencana yang terjadwal untuk mencari listingnya.

Agar lebih terencana, buat target. Dalam sehari Anda targetkan 7 listing yang masuk dalam listingan yang hot, berarti sebulan paling tidak Anda akan punya 210 listingan. Di antara listingan tersebut, Saya yakin, kalau Anda serius nyari, akan menemukan hot listing yang sesuai keinginan buyer nantinya.

Lalu di mana akan mencari listingannya? Saya menyarankan Anda untuk mencari listingnya disini >>> www.indobroker.id, ya di Toko Online Properti Indobroker yang biasa kami yang di Indobroker menyebutkan TOPI ^_^

Di TOPI ada sekitar 2.000 listing lebih yang bisa Anda temukan sesuai domisili Anda.

Yang perlu digaris bawahi adalah cari Listing yang ketika calon pembeli/penyewa bertanya “Dimana lokasi listing Anda?”, Anda cukup menjawabnya “Di sini…”, maka mereka akan mengatakan “Oh…ya saya tahu lokasinya”.

Jadi sekali lagi, ambil pulpen dan buku agenda atau stylus dan note Anda, tuliskan besok mau listing dimana saja ya..:)

Untuk listing DIJUAL bisa dilihat disini >>> www.indobroker.id

Sedangkan untuk listing DISEWAKAN disini >>> http://www.indobroker.id/properties/find/property_action:2

Untuk mengetahui spesifikasi lengkap listing dan pemilik listing tinggal klik 2x pada foto listing maka listing akan bisa dibaca dengan lengkap!

Hubungi pemilik listing yang merupakan member resmi Indobroker yang alamat dan nomer Kontak nya sudah tersedia lengkap disana.

Adakan komunikasi untuk membantu memasarkan listing tersebut dengan cara kerjasama atau cobroking, sehingga komisi bisa dibagi dua atau belah semangka jika memang sama porsi kerjanya.

Dimana Anda akan mencarikan pembeli/buyer untuk listing tersebut dengan cara yang akan kita bahas di poin selanjutnya

3. POSTING LISTING ANDA

Di langkah ketiga ini, saya mengasumsikan Anda sudah punya listing yang HOT dari sisi harga dan LOKASI nya, serta sudah hak milik surat tanah nya

Maka, selanjutnya Anda di langkah ketiga ini harus mengatur jadual POSTING listing nya. Apa saja yang perlu di atur disini?

a. Target waktu nya kapan (WHEN)?
Anda harus tetapkan waktunya. Ingat, dalam menjalankan bisnis broker properti, apalagi dengan modal terbatas, akan berpacu dengan waktu, jadi jam dan hari sangat berarti bagi Anda.

Perjanjian cobroking sudah berjalan, bulan-bulan mendatang akan diwarnai dengan menjawab panggilan telpon masuk, antar buyer lihat lokasi atau bahkan antar ke notaris untuk AJB, dll.

b. Bagaimana cara postingnya (HOW)?
Aturlah bagaimana Anda melakukan posting, apakah bentuknya dengan mengundang calon konsumen ke lokasi listing Anda dengan membuat Event OPEN HOUSE di facebook atau posting di Grup Facebook Properti Premium, dan lain sebagainya.

c. Dimana postingnya (WHERE)?
Tempatnya sangat bergantung bagaimana listing properti Anda, berdasarkan domisili Anda atau yang memang sudah Anda targetkan sebelumnya yang sudah saya bahas di atas.

Atau jika Anda sudah tidak sabaran ingin mengetahui dan menemukan tempat yang tepat untuk posting listing properti Anda bisa dibaca disini >>> http://bit.ly/2cvwldK

d. Siapa saja yang akan terlibat (WHO)?
Siapa saja yang akan terlibat, sebagai contoh, beberapa grup facebook jual beli Properti Indonesia berbasis domisili itu sangat banyak member grup nya. Tentu Saja, ini adalah target dari menjual/menyewakan listing-listing tersebut, di samping untuk mengenalkan lising kita kepada khalayak ramai (calon konsumen).

Bisa juga memposting nya di grup facebook INVESTOR atau siapun yang Anda anggap paling TEPAT untuk membeli atau menyewa listing Anda yang bisa Anda temukan dengan menggunakan TG, Tool KEREN ini >>> http://bit.ly/2cvwldK <<< Yang sudah TERBUKTI sangat “Powerfull” karena sudah digunakan oleh 8.300+ marketer baik lokal maupun global termasuk saya sendiri ^_^

4. VALIDASI CALON PEMBELI/BUYER

Setelah mengatur soal posting, berarti Anda punya waktu tersisa dari saat ini menuju jadwal postingannya. Waktu tersisa harus digunakan dengan baik, untuk melakukan serangkaian kegiatan, di antaranya adalah melakukan validasi calon pembeli/penyewa yang akan menjadi target listing properti Anda.

Salah menentukan calon pembelinya atau penyewanya, Anda akan menemui kebuntuan dalam memasarkan listing Anda. Maka sebelum terlampai jauh menghamburkan anggaran pemasaran, lakukan validasi calon pembeli/penyewa. Mulai dari lokasi, fasilitas, harga sampai kepada spesifikasi detail yang diinginkan.

Dengan begitu, Anda akan dengan mudah mengatur penempatan iklan listing, penyebaran iklan listing, dan tentu saja anggaran akan lebih terserap dengan target yang pas.

5. BUAT PERENCANAAN TEKNIS

Selain melakukan validasi calon pembeli, membuat perencanaan teknis merupakan hal yang tentu saja tidak bisa dilupakan, di dalam perencanaan teknis ada tools marketing yang memiliki 2 varian baik desktop (versi 3) dan mobile (iOS dan Android) yang keterangan selengkapnya bisa dibaca disini >>> http://bit.ly/2cvwldK atau seperti E-brosur >>> http://www.indobroker.id/ebrosurs yang sudah di buat, di samping hal-hal yang dibutuhkan, dll.

6. BUILD YOUR BRAND

Dilangkah ini,

Anda dapat membuat proposal penawaran investasi, bersurat ke kantong-kantong calon pembeli, menyiapkan petunjuk menuju lokasi listing properti, memasang “arrow sign” dan spanduk di lokasi listing.
7. SINERGIKAN

Lakukan sinergi dengan baik dengan beberapa pihak yang akan terlibat dalam OPEN HOUSE nantinya. Siapa saja yang hadir, siapa pelaksananya, siapa supportnya, dll.

Dengan melakukan ini, akan memperjelas siapa dan melakukan apa saja dalam kegiatan menuju OPEN HOUSE listing properti Anda.

Siapa yang bertindak sebagai penanggung jawab acara OPEN HOUSE?

Siapa yang bertugas menggiring buyer (calon pembeli) untuk hadir di acara OPEN HOUSE?

Siapa yang berperan untuk menyiapkan teknis acara pada saat hari H?

Dan lain sebagainya, silakan diatur sesuai kebutuhan, karena ini kurang lebih seperti Anda sedang berperan sebagai Event Organizer atau EO.

8. PERSIAPAN

Langkah terakhir yaitu persiapan. Memastikan semua hal yang dibutuhkan untuk suksesnya acara OPEN HOUSE benar-benar sudah ready.

Suksesnya acara ini terlihat pada indikator sukses kehadiran calon pembeli, sukses presentasi listing dan sukses closing atau DEAL CLOSING ^_^

Demikian beberapa langkah praktis untuk memulai bisnis broker properti “CLOSING TANPA LISTING, CLOSING TANPA TAPI”.

Kalau Anda benar-benar melakukan langkah tersebut diatas, Insya Allah Anda akan sukses memulai dan CLOSING dalam waktu singkat.

Namun ingat, ini baru memulai, masih ada serangkaian aktivitas yang tidak kalah pentingnya, bahkan jauh lebih menantang setelah itu.

Tapi bagi yang ingin benar-benar memulai, langkah-langkah di atas sudah sangat cukup dan layak untuk di coba ^_^

Lalu selanjutnya gimana?
Tenang, kembali ke langkah pertama!

“SIAPA MENTOR ANDA?”.

Ask and Do…
Ask and Do…
Ask gain and Do again…!

So, selamat mencoba ya.. teman-teman..
Semoga berhasil, Amin… Alhamdulillah.

Wahyudi Sudiyono
Founder Indobroker
Indonesian Broker Community

Arsip

KonsultanOnline.com
Jalan pemuda 3 No.5 Rawamangun Jakarta Timur
Phone 081310799994
Copyright © 2012