Menentukan Demografi Untuk Iklan di Facebook ads

Penentuan Demografi FB Ads
Dalam beriklan di FB Ads, ada 4 hal penting yang perlu teman-teman pelajari untuk mendapatkan hasil iklan yang bagus, yaitu :
  1. Interest Yang Menjadi Target
  2. Demografi Target
  3. Adcopy & Gambar Iklan
  4. Split Test Yang Optimal
Untuk No 3. Adcopy & Gambar Iklan tidak akan saya bahas karena itu tergantung dari gimana kreatifitas kita masing-masing..
Sebelumnya saya sudah membuat Note untuk yang No 1. Penargetan Untuk Facebook Ads (Link disini bagi yang belum baca -> http://konsultanonline.com/menentukan-target-untuk-iklan-di-facebook-ads/
Untuk kali ini, saya akan membahas yang No 2. Demografi Target, bagaimana cara berfikir dalam menentukan demografi untuk targeting FB Ads sesuai dengan produk yang teman-teman jual…
Udah siap? 🙂

Oke, kita mulai ya…

Dalam penentuan Demografi target FB Ads, berikut ini hal-hal yang paling sering atau umum ditentukan untuk demografi target, yaitu :
  1. Negara
  2. Gender (Laki-Laki / Perempuan / All)
  3. Range Umur
  4. Bahasa
  5. Pendidikan
  6. Status Hubungan
Karena yang saya contohkan disini untuk target lokal, maka negara udah pasti kita set ke Indonesia, dan untuk bahasa tidak perlu diisikan. 
Jika temen-temen perlu untuk market luar, temen-temen bisa mencobanya dengan cara yang sama.
Oke, biar dimengerti penjelasannya, saya akan buat contoh untuk beberapa niche sekaligus, yaitu :
  • Produk Untuk Anak dan Remaja (0-17 th)
  • Produk Untuk Dewasa Perempuan
  • Produk Untuk Dewasa Laki-Laki
Hal ini dikarenakan, masing2 niche itu pendekatan target bisa berbeda2… Biar temen-temen juga bisa punya gambaran sebenarnya mana target yang pas untuk produk temen-temen.

Mari kita bahas satu-satu…

Produk untuk ANAK dan REMAJA (0-17 Thn)

  • Gender (Laki-Laki / Perempuan / All)
Untuk target gender, baiknya dibedakan karena range umur laki-laki menikah dan perempuan yang menikah itu berbeda. Dan juga dalam adcopynya nanti juga bisa berbeda. Jadi baiknya dipisahkan gendernya.
  • Range Umur
Karena range produknya itu dari 0-17 Tahun, maka kalau kita targetkan langsung pada umur ini tidak akan mungkin, karena ada batasan bawah umur target FB itu 18 tahun, maka kita targetkan kepada target yang kira-kira mempunyai anak dalam rentang umur 0-17 Tahun tersebut.
Nah pertanyaannya,
Berapa sih rata-rata umur TERMUDA penduduk Indonesia yang baru menikah? berapa umur TERTUA yang baru menikah?
Dan berapa rata-rata umur TERMUDA yang mempunyai anak umur 17 Tahun? berapa juga umur TERTUA yang mempunyai anak umur 17 Tahun?
Itukah range umur targetnya.
Kalau umur termuda untuk perempuan, umur 18 tahun pun banyak yang sudah menikah. Kalau laki-laki, umur 18 tahun yang sudah menikah ada, tapi rata-rata selisihnya 2 tahun dengan perempuan.
Untuk umur tertuanya, paling lamalah 35 tahun untuk perempuan. Kalau untuk laki-laki, bisa umur 45 tahun baru menikah.
Maka range umur yang baru menikah untuk perempuan bisa 18 - 35 thn
Maka range umur yang baru menikah untuk laki-laki bisa 18 - 45 thn
Itu baru umur menikah, nah gimana kalau kita ingin membuat range target anak dari umur X sampai umur Y tahun.
Maka kita bisa membuat rumusnya seperti ini (ini tidak mutlak ya, tapi bisa jadi patokan, dan ini yang saya lakukan)
Target Perempuan :
Umur Awal  = (Umur termuda nikah target Perempuan) + X Thn (umur awal range anak) +              1 Thn mengandung
Umur Akhir = (Umur tertua nikah target Perempuan) + Y Thn (umur akhir range anak) +              1 Thn mengandung + (paling lama 5 Thn menunggu hamil)

Target Laki-laki :
Umur Awal  = (Umur termuda nikah target laki-laki) + X Thn (umur akhir range anak)              + 1 Thn istri mengandung
Umur Akhir = (Umur tertua nikah target laki-laki) + Y Thn (umur akhir range anak) +              1 Thn istri mengandung + (paling lama 5 Thn menunggu istri hamil)
Misalkan produk tersebut untuk anak umur 0 – 7 Thn, maka range umur targetnya bisa seperti ini :
Target Perempuan :Umur awal  = 18 Thn (umur termuda nikah target) + 0 Thn (umur awal range anak) +             1 Thn mengandung           = 19 Tahun 
Umur akhir = 35 Thn (umur tertua nikah target) + 7 Thn (umur akhir range anak) +              1 Thn mengandung + 5 Thn (menunggu hamil)           = 48 Tahun
Didapatlah range umur target perempuannya : 19 - 49 Tahun
Target Laki-laki :Umur awal  = 18 Thn (umur termuda nikah target) + 0 Thn (umur awal range anak) +             1 Thn istri mengandung           = 19 Tahun 
Umur Akhir = 45 Thn (umur tertua nikah target) + 7 Thn (umur akhir range anak) +              1 Thn istri mengandung + 5 Thn (menunggu istri hamil)           = 58 Tahun
Didapatlah range umur target laki-laki : 19 - 58 Tahun
Itu range umur tidak mutlak ya, nanti kita perlu memperhatikan daya belinya terhadap produk kita gimana…
  • Pendidikan
Untuk pendidikan dari target, baiknya kalau saya sarankan, dipisah target antara yang sudah pernah kuliah dengan selain itu. Berarti nanti ada 2 adset untuk masing-masing pembeda target pendidikan ini.
Karena daya beli target kadang tidak tergantung dari pendidikannya juga, bisa jadi dia tidak pernah kuliah tapi mempunyai pasangan yang mapan. Atau yang pendidikannya pernah kuliah tapi ternyata pekerjaannya tidak mendapatkan penghasilan yang bagus.
Jadi baiknya masing-masing di trialkan dalam 1 adset.
  • Status Hubungan
Karena ini ditargetkan kepada yang mempunyai anak umur 0- 17 thn, maka kita bisa menargetkannya untuk jenis status hubungan ini yang menikah atau yang pernah menikah. Untuk status yang pernah menikah, kita bisa memilih statusnya itu bercerai, berpisah, janda / duda. Atau bisa jadi menargetkannya yang sedang bertunangan atau membuka hubungan.
Dalam penargetannya nanti, temen2 bisa memisah antara status yang menikah sama yang pernah menikah. Biar tau mana yang lebih bagus. Lagi-lagi untuk mengetahuinya ya dari split test ads-nya.
salam
andi ikhrom