Home » Artikel » Memilih Nama domain Yang tepat

Memilih Nama domain Yang tepat

Apr
22
2014
by : mdianapriyanto . Posted in : Artikel
logomotion_domain_namesNama Domain adalah alamat untuk blog/website Anda, yaitu terdiri dari dua kata yang digabung atau dipisahkan dengan dash (tanda -). Selain itu, ada juga yang terdiri dari satu kata, bahkan lebih dari dua kata yang digabung. Rata-rata nama domain akan menggunakan nama perusahaan pemilik domain tersebut, bahkan ada juga yang menggunakan nama produk mereka sebagai nama domain.
Manfaat memiliki nama domain yang tepat :
  • Nama domain yang baik dan bagus akan memberikan traffic pengunjung yang lebih banyak.
  • Nama domain yang baik dan bagus bisa kita perjual-belikan.
  • Nama domain yang baik dan bagus akan mudah di ingat oleh teman, sahabat, rekan bisnis, keluarga, pelanggan, ataupun calon pembeli.

Apakah ada aturan khusus mengenai nama domain? Aturan pemilihan nama domain dapat berbeda tergantung dari aturan yang ditetapkan oleh badan pengelola domain, tetapi secara umum aturan yang berlaku adalah :

  • Nama domain hanya boleh menggunakan huruf, angka, dan tanda minus.
  • Spasi dan simbol lainnya seperti garis bawah, tidak diperbolehkan.
  • Domain tidak boleh diawali dengan ataupun diakhiri dengan tanda minus.
  • Nama domain pada umumnya selalu huruf kecil semua.
  • Maksimum jumlah karakter kata adalah 63.
Berikut Tips Memilih Nama Domain Yang Baik dan Benar :
  • Singkat, serta mudah diingat
Usahakan membuat nama domian sesingkat mungkin. Domain yang singkat akan membantu pengunjung mengingat nama domain. Jika domain terlalu panjang atau susah diingat, Anda perlu memberikan sebuah link/text untuk mem-bookmark website Anda pada browser pengunjung. Cara yang paling cepat untuk mem-bookmark suatu halaman situs adalah dengan menekan tombol Control dan D (Ctrl + D) secara bersamaan.
  • Mudah dibaca dan dilafalkan
Detik.com, Yahoo.com, Google.com, dsb adalah contoh nama domain yang mudah untuk dibaca dan dilafalkan. Coba bandingkan dengan kjks83shxcsz.com (misal) tentu hal tersebut sangat susah? Kemudahan nama domain untuk dibaca akan mengurangi resiko mistype atau salah ketik oleh pengunjung website.
  • Hindari memakai Angka sebagai singkatan dalam Nama domain
Misalnya, 1 untuk mewakili one/wan, 2 untuk mewakili two/to, 4 untuk mewakili four/for, dsb. Meski mudah diingat, tapi akan meningkatkan kemungkinan error atau salah ketik di browser ketika diucapkan.
  • Gunakan .Com
Ekstensi: .com sangat direkomendasikan karena orang lebih cenderung mengetik .com sebagai ekstensi sebuah domain. Bayangkan bila Anda membeli nama domain dengan ekstensi .net dan pengunjung Anda lebih sering mengetikan nama domain dengan ekstensi .com. Hal tersebut sangat merugikan Anda karena traffic akan lari ke kompetitor Anda.
  • Berkaitan dengan Isi dari Website Anda
Jika website Abda merupakan website perusahaan, organisasi, nama produk, atau merek dagang maka nama domain yang digunakan sebaiknya mampu memberikan sedikit clue/petunjuk kepada pengunjung tentang isi dari website Anda, misalnya : www.nomorcantikxplor.com dari domain tersebut atau paling tidak kita bisa tahu bahwa website menyediakan SIM Card dengan nomor-nomor cantik untuk GSM Xplor dari XL.
  • Untuk Personal Branding, Gunakan Nama Anda
Jika akan menggunakan domain Anda untuk mengembangkan nama sendiri, gunakanlah nama Anda, misal : AndiOnline.com. Jangan gunakan nama barang apalagi nama orang lain.

– See more at: http://dariblogkeren.blogspot.com/2013/03/tips-memilih-nama-domain-yang-baik-dan.html#sthash.eS2HC6g0.dpuf

Arsip

KonsultanOnline.com
Jalan pemuda 3 No.5 Rawamangun Jakarta Timur
Phone 081310799994
Copyright © 2012