Membuat AGC itu mudah ; Finite AGC (konten otomatis)

Dasar-dasar Finite AGC: Konten Otomatis (InsyaAllah) tanpa Deindex
kali ini kita bongkar rahasia kenapa AGC bisa tahan deindex.
Sesuai namanya, finite berarti terbatas. Yang dimaksud terbatas adalah kita membatasi indexnya.
Jadi walaupun konten dibikin otomatis, pertumbuhan index tidak terlalu besar sehingga resiko deindex lebih kecil.
Ada buaaaanyaaaaak contoh finite AGC yang beredar di internet, kali ini kita kupas yang menjadi hasil eksperimen ane selama setahun terakhir.
Yang pertama adalah Hargaa.com, sebuah website niche harga-hp yang saat ini nichenya banyak dikejar internet marketer di Indonesia. Bedanya, yang ini tidak ditulis manual. Semua konten didapat dari scraping website-website terkait seperti tabloid pulsa. Monetize memakai adsense. Situs dibuat alakadarnya, bahkan bisa dilihat sendiri, tampilannya nggak oke-oke banget.
Yang kedua adalah Minecraft PE server list, yang kemaren ane jual di flippa dan laku $700an. Jumlah download lebih dari 50ribu download di google play dalam 3 bulan.
Apa persamaan keduanya?
  • Dua-duanya tahan lama
  • Dua-duanya berjalan otomatis
Yang enak dari membuat AGC jenis ini adalah, kita konsentrasi selama 2 minggu, selebihnya cuman minor maintenance dan melihat trafik datang.
Kata Pak Pres sih gini :3
Gimana cara bikinnya? Mari kita kupas :3

Langkah #1: Ide, Ide, Ide!

Langkah pertama dan merupakan akar dari semua jenis AGC adalah ide. Proses pencarian ide ini cukup unik. Kita harus memikirkan ide yang cukup gila seandainya website atau app tersebut ditulis manual dengan tangan. Sebagai contoh:

Kasus pertama

Anak ane yang pertama sukaaaa banget sama game Minecraft PE. Sayangnya minecraft PE by default tidak multiplayer.
Ketika ane kasih tau kalau dengan menambahkan server, dia bisa multiplayer, eh pingin dia. Alhasil tiap di depan laptop, si kecil ini gangguin, minta dicarikan server untuk mainan multiplayer. Okedeh, ane googlingin servernya. Kejadian ini berulang-ulang sehingga bikin ane jengkel karena ga bisa konsen haha.
Karena pada dasarnya ane males, dan males adalah sumber inovasi, maka ane putuskan untuk membuatkan aplikasi untuknya di android. Disinilah idenya muncul. Mungkin di luar sana banyak orang yang juga kerepotan nyariin data server lewat android karena kebanyakan penyedia informasi server berada di website dan forum-forum.
Sekali tepuk 3 lalat. Ide untuk Servers for Minecraft PE pun lahir.

Kasus Kedua

Ane dulunya adalah orang yang suka ganti HP. Sebelum ketemu zenfone cie… Nah, ceritanya sering banget beli tabloid pulsa hanya untuk melihat harga HP terkini. Newsnya nggak dibaca wkwkw.
Usut punya usut, ternyata di luar sana banyak yang nyari harga HP-jadul-second. Disini ane menangkap peluang. Kebanyakan situs harga adalah situs yang dibikin manual. Ditulis tangan broo, gempor nggak tuh kalo ada 1500 produk yang musti dicari harganya.
Jadi ane berasumsi, walaupun pada dasarnya mereka dari sisi SEO menang, dari sisi kuantitas tidak. Akan selalu ada celah untuk masuk. Selain karena kalah dari kuantitas, juga mereka melupakan hal lain yakni: Orang tidak selalu mencari harga HP keluaran terbaru.
Yang ane sadarin adalah, ternyata HP nokia 3100 pun masih banyak yang nyari.
Dari sini ide untuk bikin situs harga gadget lahir.

Sekarang coba cari idemu sob!

Sebuah ide tak harus unik. Semua boleh sama, kadang cukup sudut pandang yang berbeda. Temukan idemu, jangan anggap idemu jelek. Jika kamu ngerasa idemu cukup gila dan tak mungkin dilakukan, artinya orang lain juga menganggapnya begitu, pastinya akan gampang sekali melejit!

Langkah #2: Cari Sumber Data

Database adalah “isi” yang paling penting dalam pembuatan website AGC. Sebuah website atau aplikasi menjadi penting karena isinya.
Sebagai contoh, untuk harga hp bisa cari di website tabloid pulsa, hartono elektronika, lazada, dan-lain-lain.
Untuk minecraft PE ane dapetin data di minecraftpocket-servers.com.

Langkah #3: Scrape, Scrape, Scrape!

Ada dua pilihan: belajar sendiri atau sewa programmer. Saran ane, belajar sendiri. Pemrograman web scraping itu seru sob. Esensial sebab pembuatan finite AGC mau tidak mau mesti melibatkan proses scraping. Lihat aja google, bisa gempor tuh kalau ngindex milyaran website memakai metode manual wkwkw.
Nah, untuk ngambil datanya bisa pake salah satu library di bawah:
Ambil datanya, lalu masukkan ke database untuk di akses kemudian hari.

Tapi. Tapi. Tapi. Ane nggak bisa pemrograman sob?

Nggak usah banyak alasan. Saat ini resource belajar pemrograman ada dimana-mana. Kalau ente untuk beli tools aja berani bayar, mengapa tak belajar bikin tools sendiri?
Nggak bisa pemrograman bukan alasan Coba liat tuh:
Ingat bahwa pasti suatu saat ente mungkin tidak menemui satupun produk yang bisa memuaskan idemu.
Jika ente pemula pemrogaman, coba cari website-website kursus pemrograman di internet, banyak kok. Contohnya:

Langkah #4 Desain & Usability!

Setelah data didapat, langkah selanjutnya adalah memproses data tersebut agar informasinya bisa diakses publik. Terserah mau pake framework atau CMS apa, yang penting data bisa bermanfaat.
Jadi, tugas ini menggambarkan kira2 desain webnya seperti apa dan bagaimana pengguna bisa mengakses datanya.
Ingat bahwa kita menomorsatukan pengguna dulu.
Bayangkan, jika jadi user, website seperti apa yang bakal sangat membantu untuk mengakses informasi.
Tuangkan desain tersebut di kertas, gambar, corat-coret. Lakukan untuk tiap halaman.
Ente bisa ngelakuin corat-coret untuk membuat garis besar tampilan websitenya. Jika belum bisa pemrograman, cari di Themeforest template HTML atau script PHP yang paling mendekati.
Hint: Ane sering ngelakuin ini sob wkwkw.
Berikut beberapa buku yang mungkin berguna untuk mempelajari ini dari sisi user:

Langkah #5: Optimasi Mesin Pencari dan Optimasi Media Sosial

SEO & SMO menjadi prioritas setelah desain & usability. Karena seberapapun bagusnya, seberapapun informatifnya, tak akan ada yang memakai jika nggak bisa ditemukan.
Lakukan optimasi standar SEO dan SMO seperti Title, H1, Open graph tag, dan-lain-lainnya.
Yang paling penting:

Pastikan setiap halaman ada konten yang bisa dibaca. Jangan membuat pengunjung tersesat.

Hal ini bisa dilakukan agar tak terkena penalty thin content. Fokus utama tetap di user ya sob. Contoh:
Ini adalah contoh halaman yang tidak ada kontennya. Namun tetap bagus karena tidak terkena penalty thin content.

Langkah #6: Cari Sudut Pandang Lain

Sebuah sudut pandang bisa mengubah persepsi
Awalnya mungkin agak susah dipahami. Namun hal ini cukup penting untuk dilakukan. Yang dimaksud sebagai sudut pandang lain adalah memanfaatkan data yang sudah ada untuk jenis informasi yang berbeda.
Hal ini bisa membuat perbedaan. Sebagai contoh:
  1. Database buku selain bisa dipakai untuk jualan buku, bisa juga dipakai untuk membuat website review buku, download buku, dll.
  2. Database HP selain bisa dipakai untuk jualan HP, bisa dipakai untuk membuat website harga HP, spesifikasi HP, dll.
  3. Database Mobil, selain bisa dipakai untuk web informasi mobil, bisa dipakai juga untuk website Car manual, Car reviews, dll.
  4. Database perusahaan, selain bisa dipakai untuk directory, bisa juga dipakai untuk web lowongan kerja.
Jadilah lebih kreatif dalam memanfaatkan database. Dari sudut pandang tersebut bisa dipakai untuk memperluas jangkauan website yang sudah ada, atau membuat website baru.

Langkah #7: Pastikan Loophole AGC Tertutup

Yang dimaksud dengan loophole adalah sebuah celah dimana agc bisa terlalu brutal indexnya. Perbedaan Finite & Infinite AGC adalah ada pada indexnya. Jika Infinite bisa tak terbatas, maka finite terbatas indexnya.
Contoh Loophole di StupidPie:
Loophole seperti pisau bermata dua, bisa mempercepat index, namun juga mempercepat deindex
Yang biasa menjadi loophole dalam AGC adalah search term, inject keyword dll.
Di dalam Finite AGC, tidak ada loophole sehingga pertumbuhannya terkontrol. Dari sinilah kita lebih aman dari deindex dan niche lebih aman untuk adsense.

Apa berikutnya?

Bila banyak yang suka dengan notes ini, ane ingin mengupas sisi teknis AGC Finite ini ke beberapa seri. Coba luangkan waktu untuk komentar di status ini mengenai hal-hal yang ente pingin tau. Juga jangan lupa share notes ini ke beranda, atau bookmark biar nggak hilang.
Penutup
Seperti biasa, tak ada gading yang tak retak. Kurasa secara garis besar cukup bisa dipahami. Namun, bila ada yang kurang jelas, jangan sungkan.
Wassalamualaikum Wr Wb
Mochammad Masbuchin http://www.dojo.cc