Home » Internet Marketing » Facebook Marketing » Laser Targeted : Riset Target Audience Untuk Iklan Di Facebook / Facebook Ads

Laser Targeted : Riset Target Audience Untuk Iklan Di Facebook / Facebook Ads

Okt
31
2016
by : mdianapriyanto . Posted in : Facebook Marketing
Laser Targeted seperti yang pernah saya janjikan sebelumnya.. pembahasan ini sangat penting untuk setiap Advertiser, supaya tidak salah dalam menentukan “sasaran tembak” dalam beriklan.
ada 3 tahapan menentukan target audience dari yang paling umum sampai yang paling spesifik
step pertama saat kita menentukan target audience untuk iklan yang akan kita jalankan adalah =» Posisikan diri pada posisi audience!!
Cara terbaik untuk menentukan targeting saat membuat iklan dengan cara belajar menempatkan diri pada posisi target audience.
mulailah dengan pertanyaan, siapakah rata-rata audience anda? dan kemudian tempatkan diri anda diposisi mereka. jawablah pertanyaan ini dan anda akan mengerti siapa audience anda.
– Apa yang mereka sukai?
– Bagaimana cara mereka berpikir?
– Apa yang biasanya mereka bicarakan , dan yang PALING PENTING
– Apa yang mereka inginkan! ini penting
Masih pusing kan? bagaimana cara mengaplikasikannya untuk membuat iklan? heheh.. ya, itu masih konsep umum, dan step pertama, kita akan masuk step kedua yang lebih spesifik dan list pertanyaan yang lebih banyak.. sampai step ketiga nanti lebih spesifik lagi
Dalam menentukan targeting audience yang lebih specific kita perlu tahu lebih jauh karakteristik dari audience yang akan kita target. Tentunya disesuaikan dengan produk yang kita jual, karena hal ini berkaitan dengan interest ataupun demography yang akan kita pilih.

Rata-rata advertiser tidak melakukan hal ini, jadi anda harus lebih advance dari advertiser kebanyakan supaya bisa menentukan target audience yang Tepat!

Saya akan menyajikan beberapa Checklist pertanyaan yang harus dijawab sebelum mulai mengiklan kan produk anda. INGAT, sesuaikan dengan produknya tidak semua pertanyaan harus dijawab.

Anggaplah anda sudah punya produk yang akan dipasarkan, kemudian jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini untuk menentukan “Produk ini untuk siapa? /Untuk Orang yang seperti apa?”

Mari kita mulai:
1. Laki-laki atau Perempuan?
2. Sekitar usia berapa?
3. Dimanakah mereka tinggal? (Lokasi, kota, kecamatan, negara dll)
4. Apa yang biasanya mereka baca? (koran, forum, majalah, blog dll)
5. Organisasi apa yang biasanya mereka ikuti? (klub,ormas,paguyuban dll)
6. Apa / siapa yang mereka idolakan? (politikus, hobi, atlet, tim olahraga, artis dll)
7. Dimana mereka bekerja? (sekolah, PNS, rumah sakit, bank dll)
8. Apa/Siapa yang mereka benci? (politikus, hobi, tim olahraga, artis dll)
9. Aplikasi apa yang biasanya mereka miliki di hp nya? / menggunakan android atau iPhone?
10. Dimana mereka biasanya belanja? ( swalayan, belanja online, mini market dll)
11. Apa yang biasa mereka beli? (kebutuhan sehari2, peralatan tertentu, jenis makanan dll)
12. Tempat nongkrong baik online ataupun offline? (perpustakaan, gym, taman dll)
13. Music, film atau aktor yang mereka sukai?
14. Acara seperti apa yang biasa meraka datangi? (rapat, pesta, perlombaan dll)
15. Kata-kata yang biasa mereka ucapkan? (bahasa slang atau kata2 tertentu yang biasa digunakan yang memiliki arti tersendiri untuk mereka)
16. Apa yang menjadi fokus mereka? (keluarga, hobi dll)
itu adalah tahap kedua yang perlu dilakukan untuk membuat Laser Targeted, nanti akan saya lanjutkan tahap ke 3 yang lebih spesifik lagi

ditahap ke dua pun sebenarnya sudah cukup, kalaupun anda jual kaos (yang membutuhkan spesifik target) itu sudah cukup
setelah tahap ke 3 , kemudian belajar membuat irisan audience dan setelah itu case study
Lanjut ke pembahasan Laser Targeted tahap 3
Akan saya jelaskan terlebih dahulu pembahasan sebelumnya, list pertanyaan yang sebelumnya itu BUKAN LIST INTEREST yang harus dimasukan satu per satu diinterest facebook. banyak yang salah faham kalau jawaban dari pertanyaan2 itu harus dimasukan ke interest atau melakukan split test dari masing2 pertanyaan itu. Bukan seperti itu, list pertanyaan itu berfungsi untuk menggali lebih dalam tentang audience yang akan menjadi target iklan kita dan yang dimasukan ke interest hanya jawaban dari pertanyaan yang relevan dengan audience yang akan kita target, TIDAK SEMUANYA.
saya beri contoh misalkan kita akan mentarget “Cat Owner” orang yang punya kucing! perlu diingat dan diperhatikan juga Owner berbeda dengan Lover, kalau kita target “Cat Owner” berarti kita mentarget orang-orang yang “kemungkinan besar” dia punya kucing. berbeda dengan “Cat Lover” dia mungkin menyukai kucing tapi belum tentu dia punya kucing.
Kelihatan sepele tapi ini perbedaan yang besar, dan ini menjadi Kesalahan yang sering dilakukan oleh advertiser pemula bahkan yang sudah lama. akibatnya iklannya tidak tepat sasaran.
mungkin kalau mengiklankan tshirt bertema kucing bisa aja menargetkan interest-interest yang berhubungan dengan cat lover dan cat owner
Tetapi misalkan anda iklankan alat pemotong kuku kucing , lebih tepat kalo anda iklankan ke cat owner bukan hanya sekedar cat lover.
List pertanyaan pada Step 2 , berfungsi untuk menggali lebih jauh tentang audience yang akan kita target dan ga semua list pertanyaan itu harus digunakan yang digunakan yang relevan saja. berkaitan dengan cat owner ataupun cat lover tadi yang saya contohkan:

– Apa yang biasanya mereka baca? (koran, forum, majalah, blog dll) yang berhubungan dengan kucing tentunya, jawaban dari pertanyaan itu bisa jadi interest <== Cat owner / Cat lover
– Apa yang biasa mereka beli? <== Jawablah yang lebih spesifik tentang kebutuhan kucing, misal: revolution obat kutu kucing, merk shampo kucing seperti snow blue shampoo, hartz, dll (masukan di interest kalau memang ada) <== Cat Owner

saya hanya contohkan 2 list pertanyaan dulu, dari dua pertanyaan itu :
yang atas bisa menjadi interest cat owner dan juga cat lover, orang yang punya kucing dan pecinta kucing bisa mengunjungi website atau forum yang “berbau kucing”

Tetapi pertanyaan kedua lebih spesifik lagi yang hanya diketahui oleh biasanya pemilik kucing, tapi apakah orang yang ga punya kucing bisa tau atau memilih interest itu difacebooknya? bisa saja! Tapi setidaknya anda membuat interest yang lebih specific yang Biasanya hanya diketahui oleh pemilik kucing.

Penentuan interest dalam beriklan bukanlah ilmu pasti, apalagi difacebook jangankan interest kadang orangnya cowo tapi milih gender difacebooknya jadi cewek kan bisa aja.
Tugas kita dalam membuat Laser Targeted adalah membuat target audience yang specific dan relevan dengan produk yang kita tawarkan.
saya akan akhiri pembahasan laser targeting setelah saya bahas irisan audience dan silahkan praktekan seperti yang saya contohkan.. gali sedalam2nya karakteristik target audience, gunakan google , cari location, live events, forums, books, tournaments, athletes, newsletters, leagues, stores, conferences, organizations, magazines, authors, institution, songs, celebrities, federations, websites, writer, music artists, clubs, products, colleges/universities, foundations, competitions, brands, blogs etc..
pembahasan Irisan audience

pada jaman dahulu kala (kesannya jadul banget 🙂 ) sebelum ada feature narrow audience untuk membuat irisan biasanya saya menggunakan tools pihak ketiga, tapi sekarang sudah disediakan toolsnya oleh fb.
secara default semua interest yang dimasukan di ads manager memiliki penghubung “ATAU”
jadi misalkan kita memasukan interst : teh,kopi, susu

 interest
[Photo]
semua orang yang menyukai kopi ATAU teh ATAU susu akan masuk kedalam target audience. didalamnya berisi orang – orang yang : suka kopi tetapi tidak suka teh dan susu, suka kopi dan teh tetapi tidak suka susu, suka kopi dan susu tetapi tidak suka teh, dan berbabagai kombinasi lainnya
[Photo]
secara default, dan dari awal interest fb digunakan untuk iklan, defaultnya seperti itu
belum ada narrow atau exclude
untuk membuat irisan dan membuat audience dengan specific targeting kita memerlukan penghubung “DAN”
[Photo]dan-susu
jadi saat kita ingin menarget orang yang suka kopi DAN teh DAN susu perlu dibuat irisan audience , ini akan menjadi targeting baru yang meliputi semuanya.
audience yang ada pada irisan ditengah itu yang akan kita iklankan
[Photo]tea

gunakan narrow audience
Terus bagaimana kalau kita ingin menarget orang yang hanya menyukai teh dan kopi saja bagaimana caranya?

jangan dimasukin interest susu nya <= jawaban ini ga salah tapi kurang tepat !

karena saat kita memasukan interest teh dan kopi bisa jadi disitu ada orang yang suka susu juga, jadi untuk membuat laser targeted kita perlu exclude orang yang suka susu.

 susu
[Photo]
caranya, gunakan exclude audience

 narrow-audience
[Photo]
sampai disini faham kan?
semoga faham 🙂
ditulis oleh Eka Bagus
telegram : https://web.telegram.org/#/im?p=c1014880469_10744648330307558983

Arsip

KonsultanOnline.com
Jalan pemuda 3 No.5 Rawamangun Jakarta Timur
Phone 081310799994
Copyright © 2012