Home » Artikel » 1 Milyar Pertama dari Tahu Bulat  

1 Milyar Pertama dari Tahu Bulat  

Jun
12
2016
by : mdianapriyanto . Posted in : Artikel, Internet Marketing, wirausaha
Apakah Saya bercanda? tentu saja tidak karena memang begini adanya …
Mungkin teman-teman sekalian meremehkan tentang pasar Tahu Bulat di Indonesia, namun kenyataannya tidak demikian, Tahu Bulat diterima pasar dengan dari berbagai kalangan umur baik itu remaja hingga orang dewasa.
Dengan keunikan khas tahu bulat yang digoreng dadakan, ini memberikan added value keuninikan dan ciri khas tentang bagaimana boominginya tahu bulat di Indonesia.
Dan inilah pengalaman saya memainkan game tahu bulat dan mendapatkan 1 milyar pertama yang akan saya bahas bukan hanya dari alur bermain game namun juga dari perspektif bisnis.
Simak penjelasannya dibawah ini ..

Gameplay Tahu Bulat

Cara kerja game tahu bulat sangat mudah Anda hanya tinggal menyentuh layar Anda untuk mendapatkan pelanggan tahu bulat, selain itu ada beberapa opsi tambahan untuk meningkatkan penjualan tahu bulat, dari metode Promo, Mobil, Resep , Barang dan Statistik.
Semakin Anda “Click” layar Anda maka semakin tinggi perolehan pelanggan tahu bulat Anda.
dan awalnya harga tahu bulatnya sangat murah jadi Anda harus mengupgrade resep, upgrade mobil dan lain sebagainya, dan begitu terus makin banyak Anda klik makin tinggi pendapatan yang Anda hasilnya ..

Jadi satu kali Tap anda mendapatkan 1 pembeli yang membeli 1 tahu bulat seharga 1 Coin jadi untuk mendapatkan 1 milyar pertama Anda harus men-tap layar Anda sebanyak 1 Milyar kali ya 😀

Nah Itulah tutorial menjadi Pebisnis Tahu Bulat yang bekerja KERAS. hihihihi
Pasti capek ya untung mendapatkan 1 Milyar dibutuhkan 1 Milyar klik seperti itu, dibutuhkan waktu dan tenaga extra jika masih menggunakan cara berjualan seperti itu, dan ternyata tidak hanya di game saja tapi dikehidupan nyata masih banyak orang yang melakukan bisnis seperti ini, yang dikejar hanyalah pendapatan sesaat tanpa memikirkan masa depan dengan sistem.
Yuk kita sama-sama pelajari bagaimana benar-benar menghasilkan 1 milyar pertama dari filosofi game tahu bulat, bahkan enaknya lagi bisa mendapatkan pasive income milyaran juga lho.
Game Tahu Bulat ini sangat familiar denga kondisi bisnis saat ini, tentang perjuanagan pengusaha yang ingin mencapai penghasilan optimal dan diberikan beberapa opsi manakah yang di Upgrade terlebih dahulu ?
  • Bagian Produksi kah ? ( Perbaikan Resep )
  • Bagian Promosi ? ( Metodologi Promosi seperti lewat brosur, poster, iklan socmed , tabloid, majalah bisnis bergengsi hingga yang paling anyar yaitu webcomic )
  • Atau Bagian Operasional ? (Mobil, Tenda, Speaker, Pelang bahkan Kipas Angin & juga TV dimasukan kedalam bagian operasional)
Dalam menjalankan bisnis Anda harus bijak yang mana yang harus di “Upgrade” dulu potensi bisnisnya dari modal bisnis yang masih minim .
Nah sebelum memutuskan ada beberapa hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu tentang produk Anda yaitu :

1. Product Knowledge

Ya, beberapa kali saya temui para pebisnis yang sebenarnya tidak mengerti dan memahami produk yang dijual, dan maaf saja ini adalah tipe pebisnis yang terkesan ikut-ikutan saja pada trend namun tak berusaha memahami dengan betul apa produk yang dipasarkan.
Mengikuti trend penjualan memang tak masalah, namun masalahnya adalah ketidakmauan pebisnis memahami produk yang dijual.
Jadi dalam Gameplay TahuBulat ini tentu kita harus memahami detail seperti bentuk tahu, resep tahu bahkan memahami mengapa Tahubulat digoreng dadakan?
Berdasarkan insight dari Pak https://twitter.com/irvankarta, ada alasan ilmiah kenapa Tahu Bulat di Goreng Dadakan, yaitu :
  • Tahu bulet dalam keadaan mentah, memang sudah bulet, tapi belum sempurna.Utk bulet sempurna, harus digoreng..
  • Pada proses penggorengan, tahu bulet dicelup ke minyak dengan suhu 150-160C. Pada suhu ini, air pada tahu akan berubah fase dengan cepat..
  • Kandungan air pada tahu (sekitar 80%) ini akan berubah jadi uap dg cepat, lalu terjadi ekspansi, menekan permukaan tahu bulet ke arah luar
  • Akibat ekspansi ke segala arah, ukuran tahu bulet bertambah searah diameter dan permukaannya merata menjadi bulat sempurna..
  • Pada saat yg sama, saat permukaan tahu mencapai suhu 120-130C, terjadi reaksi Maillard antara protein, minyak dan kandungan gula..
  • Reaksi Maillard di permukaan tahu bulet ini membuat warnanya jadi coklat, dan membentuk struktur crust yang secara fisik cukup kokoh. Tapi..
  • Tapi karena struktur crust ini berpori, maka tekanan uap dari dalam tahu bisa keluar. Akibatnya tekanan akan berkurang setelah tahu diangkat
  • Untuk menjaga tahu bulat tetap bulat, tahu harus dijaga suhunya. Pasokan tekanan uap dari dalam terjaga, struktur crust kokoh membentuk bola
  • Maka, tahu bulet harus digoreng dalam jangka waktu sedekat mungkin dengan saat penyerahan produk ke konsumen.
  • Kalo nggak, tekanan uap dari dalam menghilang, di dalam tahu mungkin terjadi vakum kecil dan struktur crust ga cukup nahan tekanan atmosfer Akibatnya, tahunya jadi meleyot. Nggak bulet lagi..
Dan itulah alasan kenapa tahu bulat , ‘digoreng dadakan’..
Dan kenapa kebanyakan Tahu Bulat Rp.500-an itu tergantung item inventory serta resep dari tahu bulat tersebut.
Dengan product knowledge yang matang inilah yang mengharuskan Tahu Bulat diGoreng dadakan dengan metode digoreng secara langsung diatas mobil yang berkeliling kampung untuk tetap menjaga rasa serta bentu produk yang tetap bulat untuk disajikan kepada konsumen.

2. Customer Insight

Target Market Tahu Bulat sebenarnya bisa diterima dari berbagai kalangan baik remaja maupun orang dewasa, namun bisa kita spesifikan kembali .
Pelajari segmentasi pasar pelanggan anda, siapakah pembeli yang cocok membeli produk yang anda jual ? Apakah anda ingin menyasar pelanggan ibu rumah tangga ? pelanggan mahasiswa ? atau pelanggan remaja ? siapakah diantara mereka yang bisa menjadi pelanggan tetap anda ? Pelajarilah Segmentasi Pasar , secara Demographic , Geographic , Psychographic dan Behavioral.
Selain itu hal yang penting adalah Benar-benar kenalilah siapa pembeli anda, apa saja kebiasaan mereka, apa saja yang mereka butuhkan dari Anda, kapan saat yang tepat bagi pembeli bertransaksi dengan produk Anda, apakah produk yang Anda jual bisa membuat seorang pembeli bertransaksi beberapa kali ?
Pada studi kasus Tahu Bulat, marketnya adalah penduduk lingkungan tersebut, market tahu biasanya memang didominasi oleh ibu rumah tangga, namun Tahu Bulat mampu memperluas dengan sangat baik, dari product knowledge tentang proses penggorengan hal itulah yang dapat membuat jingle yang catchy dan unik dan ini sangat menarik bagi para remaja dan anak-anak .
Dengan tipe harga retail per customer yang murah ini tentu menjangkau kantong anak-anak menggantikan jajanan harian. Dan inilah salah satu faktor kenapa tahu bulat bisa menjadi populer.
Kantong anak-anak itu langsung tersambung ke kantong orang tua mereka, dengan permintaan dari dari klasifikasi customer jenis pertama mampu berkembang langsung ke jenis customer kedua yaitu keluarga mereka khususnya ibu rumah tangga.
Dari segi geografi tahu bulat mampu berkeliling kota atau desa tergantung dengan lokasi geografis tiap lokasi, dengan memahami perilaku customer dan pemetaan lokasi buyer berdasarkan split testing alur perjalanan keliling mobil tahu bulat setelah melakukan riset maka dikemudian hari akan ditemukan rute para pelangganan tetap dan ini dapat menekan cost operasional , meningkatkan efektifitas waktu, serta mempertajam profit per tahu bulat.
Nah, Dari 2 Insight diatas maka barulah kita bisa memetakan bagian yang mana yang harus di upgrade terlebih dahulu untuk meningkatkan profit dan penjualan, dan hal ini bisa saja berbeda karena setiap pebisnis memiliki strategi yang berbeda dalam hal penjualan dan dalam studi kasus saya mendapatkan 1 milyar pertama dari tahu bulat, inilah runtutan prosesnya. :

Pengumpulan Modal Usaha

Pada proses awal, Tentu Anda harus bekerja dengan sangat giat, karena jangkauan promosi masih terbatas, selain itu Anda harus terjun langsung mencari pembeli dengan meneriakan jargon tahu bulat yang khas tersebut.
Dan diawal usahakan tidak ada pengeluaran yang sia-sia atau salah langkah, Jika 100 click menghasilkan Rp. 100 , maka untuk diawal Anda harus bekerja keras untuk modal awal sesuai yang Anda butuhkan untuk Upgrade bisnis Anda.

Memperbaiki Resep

Dalam menjalankan bisnis hal yang diharapkan adalah bisnis yang jangka panjang, begitu juga dengan kasus Game Tahu Bulat ini.
Kita sering menjumpai, bahwa banyak perusahaan menghabiskan sebagian besar waktu, energi, dan sumber daya mereka untuk mengejar akuisisi pelanggan baru, dengan mengalokasikan lebih dari 75% anggaran pemasaran untuk mendapatkan pelanggan baru tersebut, yang belum tentu memberikan kontribusi profit lebih baik.
Dalam kasus Tahu Bulat yang notabene kategori makanan, hal yang tentu harus diperhatikan adalah bahan produksi, untuk meningkatkan harga penjualan tahu bulat diperlukan komposisi bahan yang lebih baik .
Dibutuhkan dana awal Rp.100 untuk meningkatkan kualitas tahu dan ini menjadikan harga thau bulat bertambah Rp.1 Coin, Saran saya setelah mendapat pembeli pertama maka terus upayakan perbaikan komposisi produk dari Rp.100 , upgrade selanjutnya Rp.150 dan selanjutnya Rp225 dan Rp. 335 untuk meningkatkan daya jual tahu menjadi Rp.5 .
Sebelum memperluas promosi lebih jauh serta operasional yang profesional harap perbaiki terlebih dahulu produk Anda . Karena dengan meningkatkan kualitas produk hal ini juga dapat meningkatkan harga jual serta yang paling penting adalah menjaga kualitas produk.
Jangan sampai produk Anda yang masih belum siap secara kualitas sudah dipromosi besar-besaran karena efeknya bukanlah respon posifit yang didapat tapi berbalik negatif karena promosi dan dan realitas tidak sesuai dengan ekspetasi.

Mulai Perbaiki Operasional

Dalam kasus ini Frekuensi pembelian serta Akuisisi pembeli baru pun masih minim serta ragu – ragu untuk membeli banyak produk Anda sekaligus hal ini dikarenakan bagian operasional masih kurang terpercaya serta Brand Anda belum dikenal banyak orang.
Dan tentu Anda harus menghasilkan daya tarik yang kuat di awal Anda harus berkeliling kota untuk mendapatkan pembeli, nah disinilah added value-nya diberikan yaitu dengan keunikan jingle tahu bulat yang unik yang langsung memberikan kesan kepada para pembeli
Berdasarkan Research yang dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Adelia Izza dan Team ( Source: www.academia.edu/12435947/Analisa_E…)
Dari Uji reliabilitas yang dilakukan maka mendapatkan kesimpulan yang menyatakan bahwa dari 2 variable antara tagline dan jingle, terbukti Jingle lebih efektif dalam meningkatkan brand awareness.
Kekuatan brand tahu bulat ini terletak pada jinglenya yang Catchy dan berarti point pentingnya adalah memperluas serta memperbaiki penerimaan jingle kepada customer dengan speaker yang lebih baik serta jangkauan lebih luas dan jernih , karena dengan speaker yang lebih baik menghasilkan daya beli produk lebih banyak dari biasanya.

Speaker

Fungsinya adalah meningkatkan pembelian tahu , dengan menggunakan speaker berarti kita memperluas jangkauan promosi langsung dari mobil , dan dapat meningkatkan daya beli seorang pelanggan dari yang niatnya membeli satu tahu jadi membeli banyak produk yang Anda miliki.
Modal awal hanya 25 untuk meningkatkan pembelian rata -rata tahu dari 1.0 menjadi 1.1,
Modal untuk mendapatkan rata-rata pembelian tahu menjadi 2 yaitu . 25+110+121+133+146+177+194+214+235+259= Rp. 1614 .
Dengan harga tahu awal Rp.5 maka dibutuhkan 322 click saja dan efeknya dari harga tahu Anda yang hanya Rp.5 dengan speaker yang diupgrade yang menimbulkan jingle yang makin terdengar luas dan baik diterima konsumen maka rata2 pembelian tahu menjadi 2 , jadi dari 1 customer yang biasa membeli 1 tahu kini menjadi 2 tahu .
Hal yang bisa di ambil disini kebanyakan orang fokus kepada mencari pelanggan baru, yang membeli satu produk padahal dilain sisi banyak yang melupakan tentang daya beli pelanggan yang bisa ditambah.
Contohnya dengan upsell yang misalnya dilakukan swalayan-swalayan tentang penawaran pulsanya dan lain -lain . Dengan tipe ini 1 pelanggan bisa menghasilkan lebih banyak pemasukan tentunya.

Dapur

Dalam bisnis Tahu Bulat, tempat masak atau dapur yang di dalam mobil merupakan hal yang penting karena dapat mempercepat proses penggorengan tahu bulat yang di kenal dengan jargon di Goreng dadakannya, yang berarti dibutuhkan waktu proses penyajian lebih cepat.
Dengan mengupgrade bagian dapur maka hal ini dapat mempercepat pembeli datang.
Dari networking yang saya dapat ternyata masih banyak teman-teman pengusaha yang kesulitan dalam produksi, bayangkan apabila biaya operasional seperti cost sudah tinggi namun pembeli lambat datang dikarenakan proses produksi masih jadul ataupun lambat jadi tahap selanjutnya adalah mengupgrade bagian dapur senilai 300+330+363= Rp. 999

Tenda

Bagian operasional lain yang penting adalah tenda dalam mobil bak Tahu Bulat karena bagian tenda itu mudah terlihat dan membedakan mobil operasional tahu bulat dari mobil-mobil pick-up lainnya. diawal upgrade bertahap terlebih dahulu Sekitar 500+550+605= 1055

Kembali perbaiki produksi baru operasional

Kembali lagi ketahap awal, selain memperbaiki kualitas tahu, sampai di level 10 d tingkatkan juga telur Rp.500 sampai level 5 , selanjutnya tingkatkan minyak sampai level 3, dengan hal ini biaya pertahu menjadi Rp. 22 dan rata-rata pendapatan tahu permenit menjadi 8 .
Dan untuk meningkatkan penjualan selanjutnya karena bagian bahan produksi yang membaik kembali tingkatkan bagian speaker hingga level 22 yang menjadikan pembelian tahu bulat menjadi 3 tahu per orang, hal ini berdampak karena resep yang di tingkatkan menjadikan pembeli membeli lebih banyak dan income 3 kali lipat.
Perbaiki juga dapur agar pelanggan tidak kecewa dengan meningkatkannya menjadi level 10 dan menggantinya dengan wajan yang lebih baik dari sebelumnya, serta tenda juta tingkatkan smapai 10 dan menggantinya dengan tipe tenda yang lebih baik .
Efeknya pembelian tahu/menit menjadi 14 serta dari harga 1 tahu dari 5 menjadi 22 .
Teruskan berulang dna bergantian meningkatkan speaker dan resep produksi tahu dan tahap selanjutnya kembali ke speaker sampai pembelian tahu meningkat rata2 menjadi 5 dan harga tahu minimal 1 tahu 50 .
diawal Fokuslah pada RESEP & SPEAKER , karena komposisi produk yang baik dan jingle yang makin mudah terdengar akan meningkatkan omset Anda.
Lanjutkan terus hingga rata-rata harga 1 tahu Anda Rp.250 dan speaker yang meningkatkan rata-rata pembelian tahu menjadi 8 point barulah ketahap selanjutnya memperbaiki dan mengupgrade mobil .
dengan begini efeknya akan lebih mudah mendapatkan hasil, lanjutkan hingga mencapai Harga pertahu Rp.500 dan speaker menghasilkan pembelian rata-rata 10 tahu .
efeknya jika fokus kedua hal ini sambil meningkatkan operasional berupa tenda, dapur dan mobil ini akan membuat Anda tak perlu lagi bekerja keras memutar lingkungan tersebut, Anda sudah bisa mangkal dibeberapa titik lokasi yang paling banyak pembeli dan mendapatkan passive income karen adanya perhitungan tahu yang baik
Nah bisa di lihat contoh digambar ini … mendapatkan 250.000 tanpa click sekalipun..

Promotion

Nah setelah dibagian operasional dan produksi sudah cukup baik maka hal selanjutnya adalah promosi, pada bisnis Tahu Bulat, digambarkan promosi disini adalah
Brosur, Majalah , Iklan Socmed, Tabloid sampai web comic itu hanyalah channel media saja, dan masing-masing media memiliki jenis pembaca yang berbeda, dan ini merupakan salah satu cara agar Anda bisa lebih menikmati hasil dari bisnis tahu bulat Anda diawal yang harus bekerja kerja.
Kini dengan promosi Anda tak perlu lagi mendatangi pembeli, tapi pembelilah yang mendatangi Anda.
Di mulai dari brosur contohnya mendapatkan pembeli anak wanita, poster yang diletakan dilapangna yang mendapatkan pembeli para anak-anak yang suka bermain sepak bola, tabloid yang didominasi oleh tante-tante eksis.
Dan iklan socmed yang disasar langsung ke anak SMA
Masing-masing channel media promosi memiliki daya beli yang berbeda, contohnya anak wanita beli tetap 1 tahu tapi berbeda dengan tante yang 20 tahu tiap pembelian.
Media promosi ini sangat cocok dilakukan bila Anda ingin menganut paham “ Bisnis Jalan, Owner Jalan-Jalan” Karena tanpa mencari pelanggan Anda sudah bisa mendatangkan pelanggan sendiri.
Pada iklan Socmed Khususnya di Facebook, karena Saya fokus di channel marketing ini maka bisa saya jelaskan karena di Facebook Anda bisa menargetkan calon pembeli dengan sangat tertarget, dan karena pembeli tahu bulat ini mayoritas anak-anak ke remaja , dan daya beli anak anak ternyata tak sebaik remaja maka fokuslah ke area remaja yaitu anak SMA
Di Facebook bisa menargetkan dari sisi Geografi , Demografi , Psikografi nah dengan ini Anda bisa menargetkan Pria, Usia 16-18, yang masih bersekolah SMA, dan tinggal 3 KM di dekat area lokasi Anda berjualan, suka makan tahu , suka pedas , suka eksis yang ditandai dari memiliki gadget terbaru yang suka upload photo, tidak dalam kondisi jaringan internet yang lambat karena harus melihat visual tahu bulat, dan jika mau bisa juga ditargetkan hanya khusus yang belum memiliki pacar karena potensi penjualan untuk diri sendiri masih tinggi dibanding jika memiliki pacar yang uang jajannya tersisih untuk pasangannya.
Dan untuk kamu yang mau cari tahu lebih banyak tentang Facebook Marketing bisa juga kok belajar langsung sama-sama di grup Facebook Marketing Enthusiast dengan cara klik link ini http://lihat.co/fbme
nah itu contoh promosi yang terukur karena sudah di tentukan juga segmentasi target marketnya, jangan sampai Anda melakukan promosi yang sia-sia karena tidak tahu KPI ataupun tidak dapat membaca data dari apa yang Anda promosikan.
Selanjutnya setelah 3 point itu Anda atur sedemikian rupa,efeknya bisa dibilang sangat baik .
Karena antara bagian produksi, operasional dan promosi saling seirama sesuai porsinya masing-masing dan jika diawal mendapatkan Rp.1000.000 masih sulit saat ketiganya sudah saling terkoneksi bisa dibilang mendapatkan Rp.1000.000 sudah sangat mudah.
Nah itulah dia tutorial bagaimana mendapatkan 1 Milyar Pertama dari Tahu Bulat , tidak ada yang instant ataupun dadakan, tapi semua butuh proses, strategi dan tujuan yang jelas .
Dan ada point yang saya lewatkan adalah Bantuan dari TAKO dan Jaspen, karena dengan 2 tokoh diatas itu maka bisa mendapatkan hasil 2 kali lipat atau lebih banyak dari itu.
Dalam bisnis selain ikhtiar bantuan dari “yang diatas” pun sangat berpengaruh, jika niatnya jelas dan tak merugikan orang lain pasti ada jalannya. Namun itu tak ada kepastian dan dalam bisnis tentu kadang ada bonus-bonus tak terduka ..
Terkadang juga muncul mini game yang mampu mendapatkan penghasilan tambahan dan lain sebagainya.
Sekali lagi Rangkumannya adalah hal yang Anda perlukan dalam berbisnis ada 3 hal dasar, 1. Product Knowledge, 2 . Customer Insight dan ke 3. Promotion dan semua itu bertahap tak ada yang mendadak meskipun bisnis Anda Tahu Bulat yang digoreng dadakan …
Sekian dari Saya, semoga bercandaan saya yang serius ini bisa bermanfaat bagi banyak orang dan untuk menulis Notes ini saya kurang lebih menekan tombol keyboard sebanyak 19102 atau 2795 kata dan Anda hanya butuh 1 kali tekan Tombol “Share/Bagikan” dan berikan komentar beberapa kata saja jika Anda rasa notes ini bisa mencerahkan atau minimal memberikan senyuman pada wajah Anda.
Terima Kasih
Gamers Tahu Bulat yang nyambi jadi C.E.O – Advertisa Digital Agency

Arsip

KonsultanOnline.com
Jalan pemuda 3 No.5 Rawamangun Jakarta Timur
Phone 081310799994
Copyright © 2012